Diskominfo Singkawang Gelar Pelatihan Jurnalistik Pelajar

Selain materi, para siswa juga dibolehkan bertanya mengenai hal seputar jurnalistik kepada narasumber dalam sesi tanya-jawab.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Singkawang kembali menggelar pelatihan jurnalistik bagi pelajar di Aula Diskominfo 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Singkawang kembali menggelar pelatihan jurnalistik bagi pelajar di Aula Diskominfo.

"Pelatihannya berlangsung selama tiga hari dari Selasa hingga Kamis kemarin," kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Evan Ernanda, Jumat, (12/10/2018).

Baca: Wali Kota Singkawang Coba Aplikasi TFC Premium via Gadget

Baca: Polres Singkawang Gelar FGD Layanan SIM dan SKCK

Ada sebanyak 150 orang pelajar dari SMA/SMK sederajat peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Diharapkan para pelajar mampu memahami dasar-dasar jurnalistik sebagai pedoman untuk menyebarkan informasi yang baik dan benar kepada masyarakat maupun di media sosial.

"Melalui pelatihan ini para pelajar dapat mengerti dan memahami dasar-dasar jurnalistik. Sehingga mereka memiliki panduan yang bagaimana penyebaran informasi ke ranah umum seperti media sosial (Medsos) sesuai kaidah aturan jurnalistik yang benar," ujarnya.

Dalam pelatihan kemarin, katanya, para pelajar juga diberikan materi dasar-dasar jurnalistik. "Setiap sesi pertemuan, para siswa dibekali dengan materi yang disampaikan narasumber. Materi tersebut diantaranya pengenalan pengertian berita, cara mendapatkan berita, hingga cara penulisan berita," ungkapnya.

Selain materi, para siswa juga dibolehkan bertanya mengenai hal seputar jurnalistik kepada narasumber dalam sesi tanya-jawab.

Tak hanya itu, para pelajar juga diberikan kesempatan untuk praktek langsung membuat berita sesuai bekal materi yang telah diterima.

Agar semarak, panitia kegiatan juga mengadakan kuis Daring bagi peserta dengan mengisi jawaban atas pertanyaan yang berikan panitia melalui gawai masing-masing.

Halaman
12
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved