Desa Sejegi Mempawah Gelar Acara Sedekah Bumi

Setelah itu, acara pun di lanjutkan dengan berbagai acara hiburan kesenian tradisional dari berbagai wilayah, seperti Kuda Lumping

Desa Sejegi Mempawah Gelar Acara Sedekah Bumi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Dusun Bemban, yang terletak di Desa Sejegi, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, telah menggelar kegiatan Sedekah Bumi yang di laksanakan oleh komunitas Suku Jawa di Desa tersebut. Senin (08/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ferryanto

TRIBUN PONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH- Dusun Bemban, yang terletak di Desa Sejegi, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, telah menggelar kegiatan Sedekah Bumi yang di laksanakan oleh komunitas Suku Jawa di Desa tersebut. Senin (08/10/2018).

Pada agenda Sedekah Bumi ini, di adakan juga kegiatan kirab Budaya yakni dengan membawa arak-arakan Gunung hasil Bumi dan Tumpeng mengelilingi wilayah Dusun dengan diiringi dengan Drumband MAN Mempawah.

Dusun Bemban, yang terletak di Desa Sejegi, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, telah menggelar kegiatan Sedekah Bumi yang di laksanakan oleh komunitas Suku Jawa di Desa tersebut. Senin (08/10/2018).
Dusun Bemban, yang terletak di Desa Sejegi, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, telah menggelar kegiatan Sedekah Bumi yang di laksanakan oleh komunitas Suku Jawa di Desa tersebut. Senin (08/10/2018). (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO)

Baca: Pemkab Mempawah Gelar Bursa Inovasi Desa, Ini Tujuannya

Baca: Disperindagnaker Mempawah Tera Ulang Timbangan di Pasar Tradisional Sebukit Rama

Setelah itu, acara pun di lanjutkan dengan berbagai acara hiburan kesenian tradisional dari berbagai wilayah, seperti Kuda Lumping, Pencak Silat, Reog Ponorogo, dan masih banyak lagi.

Kepala Desa Sejegi Muhammad Idris mengungkapkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan ini merupakan kali kedua kegiatan ini dilaksanakan.

"Tradisi budaya Sedekah Bumi inikan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT, atas rejeki yang di berikan Allah SWT, sekaligus bentuk rasa kebersamaan warga masyarakat,"tuturnya saat di temui Tribun.

Ia menilai, kegiatan sedekah Bumi yang di laksanakan ini mempunyai nilai tersendiri di masyarakat sebagai, yang mana kegiatan ini menjadi salah satu aset budaya daerah yang harus di kembangkan.

"Dengan harapan Kegiatan ini akan membawa kebaikan bagi masyarakat untuk membangun Desanya, dengan kebersamaan dan kegotongroyongan ini,"ujarnya.

Ia berharap, kedepan kegiatan ini dapat didukung oleh Pemerintah Daerah, sehingga pelaksanaan kegiatan ini nantinya menjadi lebih baik.

"Semoga agenda ini dapat menjadi agenda rutin, dan menjadi perhatian seluruh pihak, sehingga ivent budaya ini dapat lebih di berikan pendanaan nya, dan kemasannya, jadi sebelum kegiatan puncak ada serangkaian kegiatan budaya juga,"paparnya.

Penulis: Ferryanto
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved