Berita Video

Tangani Sampah, Pemkot Bentuk Bank Sampah

Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak fokus pada persoalan penanganan sampah.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak fokus pada persoalan penanganan sampah.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah membentuk bank-bank sampah di lingkungan masyarakat.

Seperti halnya Bank Sampah Palm Asri yang diresmikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Kelurahan Pal Lima Kecamatan Pontianak Barat, Sabtu (6/10/2018).

Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah.

Baca: Ketua LPJKN Kalbar Sebut Akibat Pinjamkan Perusahaan, Banyak Kontraktor Masuk Penjara

Edi menyambut baik keberadaan Bank Sampah Palm Asri ini selain untuk membantu menangani pengolahan sampah, juga dapat menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi dan bersih. “Dengan adanya bank sampah ini, sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis,” ujarnya.

Pemkot Pontianak memberikan perhatian khusus untuk penanganan sampah sesuai dengan visi dan misi yang dicanangkan untuk menjadikan Pontianak bebas dari sampah. Untuk itu, pihaknya terus berkolaborasi dengan komunitas penggiat lingkungan dan masyarakat supaya mereka dapat memilah-milah sampah, mana yang organik dan non organik.

“Kalau sampah organik bisa diolah menjadi kompos atau gas metan. Kalau non organik, seperti plastik bisa didaur ulang menjadi biji plastik sehingga memiliki nilai ekonomis, kertas bisa diolah menjadi barang-barang bermanfaat,” sebut Edi.

Penulis: Syahroni
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved