Smartwomen

Berprofesi Sebagai Marcomm Adalah Kesempatan Via Untuk Melatih Mental

Berprofesi sebagai seorang Marketing Communication (Marcomm), bagi Novia Wiriyanto adalah kesempatan untuk melatih mental.

Berprofesi Sebagai Marcomm Adalah Kesempatan Via Untuk Melatih Mental
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Smartwomen Novia Wiriyanto 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Berprofesi sebagai seorang Marketing Communication (Marcomm), bagi Novia Wiriyanto adalah kesempatan untuk melatih mental.

Bagaimana tidak, menjadi marcomm berarti harus siap bertemu beragam orang dengan beragam karakter yang berbeda-beda, ada yang enak dan langsung nyambung saat diajak bicara, ada juga yang kalau ngobrol belum tentu nyambung.

Sehingga Via, panggilan akrabnya, harus mencari topik dan strategi untuk bisa satu Kepala alias nyambung dengan lawan bicara yang tentunya menjadi partner kerjanya.

Baca: HMI dan Kohati Pontianak Gelar Konferensi Cabang Ke-XXXVIII dengan Agenda Utama Pemilihan Ketua

"Kita harus tahu ngobrol sama orang yang seperti ini mesti mulai dari mana, dengan pendekatan apa," katanya.

Namun, secara pribadi Via mengaku selama ini ia lebih senang menggunakan pendekatan kekeluargaan dan pertemanan, baginya cara itu lebih santai dan bisa sama-sama menguntungkan kedua belah pihak.

"Masing-masing ada kesulitan, tapi aku orangnya termasuk nggak suka yang formal, lebih suka yang casual jadi kadang-kadang agak sedikit susah masuk ke instansi yang formal, cuma kita sesuakan lagi, gimana menempatkan diri," kata gadis yang punya hobby travelling itu.

Tidak hanya cara agar bisa nyambung dengan lawan bicara yang akan diajak bekerjasama, Via juga punya strategi agar dapat meyakinkan orang terhadap kemampuannya.

Agar, meskipun masih tergolong muda, ia tidak dianggap remeh, melainkan punya pengetahuan dan posisi tawar dihadapan orang lain, caranya adalah dengan banyak membaca.

"Tunjukin prestasi dan karya yang bagus, nggak cuma penampilan, jadi kalau ngobrol harus nyambungkan, jadi aku isi dengan aku banyak baca," kata Via.

Penulis: Rizki Fadriani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved