Pokja Dorong Pengawasan Intensif Terkait Dana Kampanye

Maryadi Sirat menuturkan jika terkait dengan pelaporan dana dan sumbangan dana kampanye calon legislatif

Pokja Dorong Pengawasan Intensif Terkait Dana Kampanye
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Ketua Kajian dan Advokasi Masyarakat Pokja Rumah Demokrasi Kalbar, Maryadi Sirat. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Kajian dan Advokasi Masyarakat Pokja Rumah Demokrasi Kalbar, Maryadi Sirat menuturkan jika terkait dengan pelaporan dana dan sumbangan dana kampanye calon legislatif (caleg) sudah jelas bahwa caleg yang ingin membuka rekening kampanye tak boleh menggunakan nama pribadi, harus nama parpol, untuk memudahkan proses pengawasan dan pemantauan dana kampanye.

"Kita berharap ada suatu pengawasan yang intensif mulai dari laporan awal dana kampanye hingga pemasukan, sumbangan maupun pengeluaran caleg untuk mengantisipasi agar Pemilu bisa berjalan dengan luber jurdil," katanya, Rabu (03/10/2019).

Selain itu, ia pun berharap semua kompetitor yang akan berkompisi dipesta demokrasi nantinya terkait dengan sumbangan dana kampanye untuk caleg baik di tingkat DPR RI, provinsi maupun kabupaten/kota semua mematuhi peraturan KPU terkait dana kampanye caleg.

Baca: Garuda Indonesia Gelar Umroh Travel Fair 2018 di Kota Pontianak

"Kita dari pokja rumah demokrasi juga ingin melihat dan mengawasi sejauh mana komitmen para calon legislatif untuk mematuhi PKPU terkait dana kampanye. Sehingga kita nantinya kita bisa menilai sejauh komitmen untuk menciptakan pemilu yang luber jurdil tanpa merugikan salah satu pihak," ujarnya.

Kenapa hal tersebut penting, lanjutnya, agar peserta pemilu bisa mematuhi aturan yang sudah ada dan Seluruh proses aliran dana kampanye bisa terawasi baik itu dana kampanye maupun sumber sumbangan dana kampanye harus tercatat.

"Hal itu perlu menurut saya untuk menghindari adanya ketidakjelasan sumber sumbangan dan dana kampanye, maupun penyalahgunaan penggunaan dana kampanye nantinya," tutupnya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved