Resmikan Rumah Seni Domang Rurong, Jarot Pesan Jaga Kearifan Lokal

Bupati Sintang Jarot Winarno meresmikan Rumah Seni Domang Rurong yang berada di Desa Penjernang Hulu Kecamatan Sungai Tebelian

Resmikan Rumah Seni Domang Rurong, Jarot Pesan Jaga Kearifan Lokal
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Bupati Sintang Jarot Winarno meresmikan Rumah Seni Domang Rurong yang berada di Desa Penjernang Hulu Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang Sabtu (29/9/2018) kemarin. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Bupati Sintang Jarot Winarno meresmikan Rumah Seni Domang Rurong yang berada di Desa Penjernang Hulu Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang Sabtu (29/9/2018) kemarin.

Turut hadir, Anggota DPRD Kabupaten Sintang Markus Jamari, unsur Forkopimcam Sungai Tebelian, Kades Penjernang Hulu, masyarakat Desa Penjernang Hulu dan unsur terkait lainnya.

Jarot mengatakan keberadaan Rumah Seni Domang Rurong Desa Penjernang Hulu ini merupakan sesuatu yang sangat baik dan patut menjadi contoh desa-desa lain.

Baca: Kompak IKSASS dan IPNU Kayong Utara Galang Dana Untuk Korban Gempa Palu

Terlebih menurut Jarot, pada kegiatan ini merupakan kali kedua dirinya meresmikan baik itu rumah betang maupun rumah kesenian di Kecamatan Sungai Tebelian ini.

“Bulan lalu saya meresmikan rumah betang di desa nobal, hari ini saya liat bangunan ini sama baiknya, cukup indah banguan rumah seni ini untuk itu kita selaku pemerintah daerah memberikan apresiasi atas upaya pembangunan rumah seni ini," katanya.

Untuk itu, Jarot berharap keberadaan Rumah Seni Domang Rurong ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Panjernang Hulu guna untuk menjaga kearifan lokal yang ada seperti adat istiadat dan seni budaya.

Bahkan menurutnya keberadaan Rumah Seni Domang ini juga bisa di gunakan untuk kegiatan masyarakat lain sehingga ini akan jadi ruang publik baru di Desa Panjernang Hulu.

“Orang tua kita meninggalkan atau mewariskan kepada kita adat istiadat seni budaya yang luar biasa untuk itu kita harus jaga dan di lestarikan, sehinga inilah pentingnya keberadaan rumah seni ini kita perlukan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Penjernang Hulu Boniyanto menjelaskan bahwa pembangunan rumah Seni Domang Rurong ini dianggarakan selama tiga tahun anggaran dana desa.

Untuk penyelesaian pembangunannya anggaran dana desa tahun 2018 dan juga ada bantuan dari Pemda Sintang sehingga total anggaran secara keseluruahan mencapai 450 juta rupiah dengan ukuran bangunan 20x6 meter dengan dua lantai.

“Fungsinya nanti yang di lantai bawah kita gunakan untuk kantor desa, dan yang lantai atas yakni aula kita gunakan untuk ruang publiklah entah itu pertemuan-pertemuan, kegiatan adat seni budaya, bahkan bisa untuk acara resepsi pernikahan dan lain sebagainya," jelas Boni.

Kegiatan peresmian Rumah Seni Domang Rurong Desa Penjernang Hulu tersebut juga di rangkaikan dengan pertunjukan seni tari dan pertunjukan lainnya oleh sanggar adat yang ada di Desa Penjernang Hulu.

Penulis: Wahidin
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved