Ditreskrimsus Polda Kalbar Segera Miliki Gedung Baru Dengan Anggaran Rp15 Miliar

Polda Kalbar melakukan pengembangan pembangunan Rumah Sakit Bhayangkara dan juga Gedung baru kantor Ditreskrimsus Polda Kalbar.

Ditreskrimsus Polda Kalbar Segera Miliki Gedung Baru Dengan Anggaran Rp15 Miliar
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono bersama jajaran melakukan doa bersama sebelum melakukan pemancangan tiang pertama Gedung kantor Baru Direktorat Reskrimsus Polda Kalbar ________________________________________ 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Polda Kalbar melakukan pengembangan pembangunan Rumah Sakit Bhayangkara dan juga Gedung baru kantor Ditreskrimsus Polda Kalbar.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono dihelat melakukan pemancangan tiang pertama untuk pembangunan gedung kantor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalbar pada Jumat (28/9) pagi

Gedung baru Ditreskrimsus Polda Kalbar akan dibangun setinggi 3 lantai di lahan seluas 1.100 m persegi dengan luas bangunan 2.040 m persegi. Pembangunan ini akan menghabiskan dana sebesar Rp 15 Milliar.

Baca: Anda Lapar, Coba Cicipi Masakan Sederhana Minang Khas Masakan Padangnya

Pembangunan menggunakan dana hibah anggaran APBD Pemerintah Provinsi Kalbar selama dua tahun yakni 2018-2019, ‎Pemprov Kalbar melalui Dinas pekerjaan Umum mempercayakan pengerjaan proyek ini kepada PT. Lima Danau. ‎

"Bangunan ini merupakan bantuan hibah dari Pemda Provinsi Kalbar, konstuksi dijadikan dua tahap: terdiri dari tahun anggaran 2018 sebesar Rp 7.808.630.000,- untuk tahap I, tahun anggaran 2019 sebesar Rp 6.500.000.000,- untuk tahap II" ujar Irjen Pol Drs Didi Haryono saat pemancangan tiang pertama gedung Ditreskrimsus Polda Kalbar di kompleks Mapolda Kalbar.

Menurut Irjen Pol Drs Didi Haryono, kondisi gedung Ditreskrimsus saat ini sudah tidak memadai sangat sempit. Ia menyebut gedung yang ada sudah tak bisa menampung untuk ruangan pelayanan kepolisian seperti ruang penyidikan, ruangan dokumen dan arsip, selain itu juga bertambahnya Bag dan Subdit pada Ditreskrimsus yang memerlukan ruangan khusus dan lainnya.

Bangunan tersebut akan mengadopsi gaya bangunan minimalis bermotif kedaerahan dan menyesuaikan dengan gedung utama Mapolda Kalbar.

Untuk kenyamanan warga, lantai pertama sengaja dirancang sebagian untuk lahan parkir kendaraan dan loby ruang pelayanan kepolisian sehingga mudah akses pelayanannya, begitu juga kesediaan bunker air bersih yg dapat menampung 60 kubik didalam tanah.

Sementara itu, lantai 2 dan 3 rencana akan digunakan sebagai ruangan Direktur, Wakil Direktur, ruang gelar perkara, ruang khusus pemeriksaan, ruang para penyidik beberapa Subdit, ruang Bagrenmin dan Analis, ruang server dan data center serta ruang operasional lainnya.

“Ditahun 2018 ini, Polda Kalbar mendapat Berkah. Beberapa gedung dibangun seperti: gedung Rorena, gedung TIK, bangunan commend center Biro Ops, bangunan Masjid Annur, gedung Rumkit, SPN di Singkawang, Mes Bintara di Polres Sambas dan Polres Singkawang, Kantor Pelayanan SIM dan gedung Penjagaan di Polres Singkawang,” kata Irjen Pol Drs Didi Haryono.

Didi menuturkan Ini semua tidak datang tiba-tiba tetapi ini berangkat dari kinerja kita, kerja keras kita yang mampu mengelola kamtibmas: Pilkada aman 6 daerah, pesta Pasparawi dan menanggulangi Karhutla. Seluruh jajaran sudah melaksanakan dengan baik dalam bingkai Polda Kalbar Berkibar dengan program 100 hari jilid ke-3 yang baru selesai.

Pada kesempatan yang sama Kapolda Kalbar memberikan Apresiasi setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalbar dan jajaran Pemprov Kalbar atas hibah pembangunan gedung pelayanan public Ditreskrimsus ini.

Baca: Tak Punya Ketua, Ini Pesan Ketua Pengadilan Tinggi Pada Wakil Ketua PA Mempawah

"Tak hanya itu aja ucapanya yang sama kepada walikota dan bupati serta warga masyarakat Kalbar yang telah membantu proses dan tahapan pembangunan SPN di Singkawang dan beberapa gedung dan ruang pelayanan Kepolisian. kedepan Polri akan semakin baik lagi dalam mengawal dan mensukseskan program pemerintah,"katanya

Kapolda Kalbar pastikan kalau Kalbar Provinsi yang aman, siapapun yang datang dan berinvestasi di kalbar pasti aman, wisatawan domestik dan mancanegara kita kawal keamanannya,” katanya.

Seperti di ketahui dalam pembangunan gedung Ditreskrimsus Polda Kalbar ini mendapatkan tim pendampingan dari Kejaksaan Tinggi Kalbar melalui TP4D melalui Kasi Tim Pengawal Proyek Strategis Nasional Kejaksaan atinggi Kalbar, Samsuri SH MH dan Subtim Andi Panca.

Dalam kesempatan tersebut, projek manajer PT Lima Danau, Hariadi memastikan proyek akan berjalan lancar dan tepat waktu, selesai sekitar bulan Juli 2019

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved