Pileg 2019

Sempurnakan DPTHP, KPU Kayong Utara Akan Buka Posko GMHP

Proses penyempurnaan DPTHP-1 itu meliputi sejumlah hal, diantaranya mengeluarkan pemilih yang dianggap tidak memenuhi syarat.

Sempurnakan DPTHP, KPU Kayong Utara Akan Buka Posko GMHP
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ADELBERTUS CAHYONO
Ketua KPU Kayong Utara, Rudi Handoko 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Adelbertus Cahyono

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kayong Utara akan mendeklarasikan dan membuka Posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) mulai 1-28 Oktober 2018.

Komisioner KPU Kayong Utara, Effian Noer mengatakan, pembukaan posko itu merupakan satu upaya untuk menyempurnakan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-1) Pemilu 2019.

Proses penyempurnaan DPTHP-1 itu meliputi sejumlah hal, diantaranya mengeluarkan pemilih yang dianggap tidak memenuhi syarat.

Baca: KPU Singkawang Akan Luncurkan Gerakan Melindungi Hak Pilih

"Lalu memperbaiki elemen data apabila ditemukan pemilih yang elemen datanya keliru, dan memasukkan pemilih yang belum terdaftar ke daftar pemilih apabila telah memenuhi syarat," kata Effian dalam siaran pers yang diterima Tribun, Kamis (27/9/2018).

Sementara itu, Ketua KPU Kayong Utara, Rudi Handoko menjelaskan, hingga saat ini KPU masih melakukan koordinasi terkait penyempurnaan DPTHP-1 tersebut.

Menurut Rudi, Posko GMHP bakal ada di setiap PPK dan PPS. "Ini merupakan suatu bentuk pelayanan bagi warga terkait penyempurnaan data pemilih," kata Rudi.

Baca: Cekal Tujuh Calon TKI, Nanis: Dokumennya Tak Lengkap

Rudi berharap Posko GMHP ini dapat memberikan manfaat bagi warga supaya terdaftar sebagai pemilih di Pemilu 2019.

Rudi mengungkapkan, dalam upaya menyempurnakan DPTHP-1, KPU Kayong Utara juga sudah mensosialisasikannya kepada setiap PPK. Selanjutnya, PPK diharapkan melanjutkan sosialisasi itu ke masing-masing PPS.

"Selain itu, KPU juga secara aktif akan melakukan koordinasi dengan multistakeholder supaya sama-sama ikut berpartisipasi menyempurnakan Daftar Pemilih pada Pemilu 2019 ini," pungkasnya.

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved