Uji Coba Tilang Elektronik, Polisi Pasang CCTV di Persimpangan

Ia mengatakan, CCTV tersebut dipasang di persimpangan jalan di persimpangan jalan dekat Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Uji Coba Tilang Elektronik, Polisi Pasang CCTV di Persimpangan
ISTIMEWA
CCTV terpasang di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Jelang uji coba sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement ( ETLE) yang akan berlangsung pada Oktober. Polda Metro Jaya memasang CCTV yang sudah connect dengan back office yang ada di TMC Polda Metro Jaya di persimpangan.

"Jadi satu kamera sudah dipasang dan sudah connect dengan back office yang ada di TMC Polda Metro Jaya. Kemarin saya lihat langsung kemudian kami uji coba," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf , Rabu (26/9/2018).

Ia mengatakan, CCTV tersebut dipasang di persimpangan jalan di persimpangan jalan dekat Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Baca: KPU Sebut Calon DPD RI Tak Boleh Kampanye Bersama DPR dan Parpol

Ia mengatakan, sebelum uji coba, pihaknya ingin memastikan CCTV berfungsi sesuai harapan. "Jadi mudah-mudahan nanti minggu depan sudah bisa kami tampilkan disply-nya (cara kerja CCTV). Ini kan masih kami benahi dulu mana yang kurang efektif dan sebagainya," kata dia.

Yusuf memastikan, saat uji coba dilakukan pada 1 Oktober, empat CCTV telah terpasang di ruas Jalan Sudirman hingga MH Thamrin.

Sebelumnya diberitakan, sistem penindakan pelanggar lalu lintas berbasis data elektronik itu akan menggunakan hasil rekaman kamera CCTV berteknologi canggih sebagai sumber data. Kamera CCTV itu didatangkan dari China. Menurut Yusuf, kamera itu dapat membidik objek hingga jarak 10 meter sepanjang hari.

Baca: Ngaku Anggota DPRD dan Beli Sabu, Seorang Pria Diciduk Polisi

Kamera-kamera CCTV itu akan dipasang di persimpangan-persimpangan jalan. Hasil tangkapan gambar akan langsung terpantau di TMC Polda Metro Jaya.

Selanjutnya, kata Yusuf, petugas akan mengirimkan surat tilang kepada pelanggar melalui pos. Dalam hal ini Ditlantas Polda Metro Jaya telah berkoordinasi dengan Pos Indonesia terkait proses pengiriman tilang. Pembayaran denda tilang dapat dilakukan melalu bank.

Editor: Jamadin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved