Alasan Kenapa Motivasi Itu Penting Bagi Siswa Dalam Menuntaskan PR

Pihaknya, katanya, lebih memilih meniadakan Pr demi menghindari sesuatu yang berpotensi menjadi beban bagi peserta didik.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Founder Sang Bintang School, Yunsirno. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Memotivasi siswa agar memahami makna diberikannya pekerjaan rumah atau Pr menjadi satu hal yang sangat penting.

Dengan demikian, siswa bisa menuntaskan semua tuntutan Pr pelajaran itu dengan tujuan jelas dan hati yang tulus.

"Di situlah muncul istilah guru yang memotivasi. Atau jika gak mampu, jangan beri PR sama sekali," ujar founder Sang Bintang School, Yunsirno, Rabu (19/09/2018).

Baca: Kapolres Kayong Utara: Gelar Pasukan Amankan Pemilu Dilakukan Secara Nasional

Baca: Persiapan Pengamanan, Kapolres Sambas: Kita Optimis Pemilu 2019 Aman

Motivasi siswa, katanya, harus benar-benar ditumbuhkan. Sebab, dengan demikian siswa akan memandang Pr tidak sebagai beban, tapi sarana untuk meningkatkan kemampuan dan penguasaan materi pelajaran.

Hal inipun menurutnya diterapkan di lembaga kursus bahasa asing yang didirikannya itu.

Pihaknya, katanya, lebih memilih meniadakan Pr demi menghindari sesuatu yang berpotensi menjadi beban bagi peserta didik.

"Di Sang Bintang School kita memilih meniadakan Pr secara umum. Karena kita tidak ingin pengajar memberi Pr, tp tidak mengiringinya dengan sentuhan motivasi," sambungnya.

Pihaknya, katanya, cenderung lebih 'lunak' kepada peserta didik soal pemberian Pr. Pada beberapa situasi, ada kasus di mana terdapat kecenderungan beberapa peserta kursus menurutnya sangat suka atau termotivasi mengerjakan Pr.

"Karenanya, soal Pr ini, kami biasa menawarkan secara personal. Sehingga bagi si peserta didik, Pr ini akan jadi seumpama 'makanan lezat' yang ditunggu-tunggu utuk dikerjakan di rumah," sambungnya.

Jika sudah demikian, katanya, saat itulah Pr jadi feedback yang baik untuk mengetahui antusiasme peserta didik dalam menguasai ilmu.
"Saat itulah proses pembelajaran guru ke murid bisa efektif, dan ujung-ujungnya murid cepat menguasainya dan sukses menguasai pembelajaran," pungkasnya. 

Tags
Motivasi
Penulis: Ishak
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved