Semarakkan Tahun Baru Islam, Remaja Mesjid di Sungai Ayak Gelar Festival Budaya Melayu

Festival budaya melayu dalam rangka menyemarakkan peringatan tahun baru islam 1440 Hijriah.

Semarakkan Tahun Baru Islam, Remaja Mesjid di Sungai Ayak Gelar Festival Budaya Melayu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIVALDI ADE MUSLIADI
Para remaja mesjid Nurul Hidaya Desa Sungai Ayak I Kecamatan Belitang Hilir, menggelar festival budaya melayu dalam rangka menyemarakkan peringatan tahun baru islam 1440 Hijriah, Jumat (14/9). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rivaldi Ade Musliadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Para remaja mesjid Nurul Hidaya Desa Sungai Ayak I Kecamatan Belitang Hilir, menggelar festival budaya melayu dalam rangka menyemarakkan peringatan tahun baru islam 1440 Hijriah.

Ketua Panitia, Lian Abdullah menuturkan, festival budaya melayu tersebut digelar sekelompok remaja masjid. Ia mengatakan, ada berbagai perlonbaan yang digelar diantaranya hadrah, sholawat, kasidah, hingga tarian zapin.

"Kegiatan tersebut digelar selama dua hari yaitu 11-12 September kemarin," ujar Lian, Jumat (14/9/2018).

Baca: Sambut Baik Wacana Embarkasi Haji, Kemenag Kalbar: Harus Lalui Berbagai Proses

Ia mengatakan, kegiatan tersebut digelar sebagai ajang untuk mencari bakat pemuda pemuda yang ada di wilayah tersebut. Selain itu juga, kegiatan tersebut sebagai upaya dalam melestarikan budaya melayu.

"Dalam melestarikan budaya melayu juga tidak melepaskan kaitan agama," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Masjid Nurul Hidayah, Marten mengapresiasi kegiatan yang digekar remaja masjid tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut memiliki nilai positif dikalangan remaja.

"Seperti yang diketahui bersama, banyak generasi muda sekarang yang lupa akan budaya melayu khususnya," katanya singkat.

Menyikapi hal itu, Sekretaris Persatuan Orang Melayu (POM) Belitang Hilir, Fajar Al Muttaqin berharap kegiatan tersebut terus berlanjut. Sehingga, generasi muda saat ini tidak mudah melupakan budaya yang ada.

"Mengingat saat ini arus informasi, kemajuan teknologi melaju pesat. Dengan adanya kegiatan ini tentunya menjadi salah satu media pembelajean agar generasi muda tahu akan budaya khususnya melayu," pungkasnya.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved