Daniel Dorong Program Bantuan Pertanian Jahe di Sungai Kunyit Mempawah

Sejumlah kelompok tani di Desa Semparong Parit Raden, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah

Daniel Dorong Program Bantuan Pertanian Jahe di Sungai Kunyit Mempawah
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Suasana lahan pertanian jahe di Sungai Kunyit, Mempawah 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Sejumlah kelompok tani di Desa Semparong Parit Raden, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat berharap sektor pertanian khususnya jahe yang ada di desa setempat bisa mendapatkan bantuan program dari pemerintah pusat.

Hal ini pun diungkapkan Sekretaris Desa (Sekdes) Semparong Parit Raden, Jukri, mewakili petani saat bertemu Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan, dalam pertemuan dengan petani di salah satu rumah warga, Minggu (9/9/2018).

Baca: Dapat Kejutan di Hari Ulang Tahunnya, Ayu Dewi Malah Kecewa Pada Pria Ini

"Harapan kami di sini bisa turun program khususnya untuk pertanian jahe," ujarnya.

Lahan pertanian jahe di Desa Semparong Parit Raden merupakan salah satu sentra pertanian jahe di Kalbar. Saat ini, seluas 8 hektare dari 80 hektare luas lahan yang ada di sana dikembangkan oleh enam kelompok tani untuk menanam jahe.

Di lahan bertanah gambut, jejeran rumpun jahe tumbuh subur. Jahe gajah yang ditanam para petani ini, potensinya sangat besar. Dalam satu hektarnya, 6-7 bulan masa panen, petani bisa menghasilkan rata-rata 25 ton lebih.

Dalam menanam jahe, petani melakukannya secara manual. Kehadiran Daniel Johan di sana, sekaligus petani menyampaikan aspirasinya agar para petani diberikan bantuan program bisa berupa alat mesin pertanian (alsintan) ataupun pengadaan bibit.

"Sumbangsih, bantuan, atau program masuk ke Desa Semparong Parit Raden ini kami sangat mengharapkan sekali, untuk sementara ini belum ada bantuan dari pemerintah," ungkapnya.

Hasil tanaman jahe di Desa Semparong Parit Raden, lumayan dikenal di Kalbar bahkan di luar daerah. Selain dipasarkan ke kabupaten/kota di Kalbar, jahe gajah Semparong sempat ada permintaan hingga ke Malaysia.

"Dalam seminggu kami bisa kirim ke Singkawang sebanyak 6 ton kalau tidak dikirim ke Malaysia," ucapnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan menyatakan siap mendorong aspirasi petani jahe di Desa Semparong Parit Raden ke pusat.

"Untuk jahe, akan saya dorong programnya," ucapnya.

Ia sangat berkomitmen apa yang telah disampaikan para petani tersebut. Apabila suatu saat di pusat program sektor pertanian jahe ini disetujui, ia akan memprioritas desa yang telah ia datangi, seperti Desa Semparong Parit Raden.

"Bisa dalam alat-alat pertanian. Di desa yang hadir tentu prioritas. Kalau desa yang saya belum hadir kalau itu tertinggal, pasti akan kita prioritaskan juga," tuturnya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved