Pileg 2019

Bacaleg Diduga Palsukan SKBS, Penyelesaian Dilanjutkan ke Sidang Adjudikasi

Proses mediasi sudah dilakukan dua kali sejak pertama digelar pada Jumat (7/9/2018) lalu.

Bacaleg Diduga Palsukan SKBS, Penyelesaian Dilanjutkan ke Sidang Adjudikasi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ADELBERTUS CAHYONO
Aparat kepolisian berjaga saat proses mediasi tertutup antara KPU Kayong Utara dan sejumlah Bacaleg yang diduga memalsukan SKBS Rumah Sakit Agoesdjam Ketapang di Kantor Bawaslu Kayong Utara, Sukadana, Senin (10/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Adelbertus Cahyono

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Proses penyelesaian sengketa antara KPU Kayong Utara dan sejumlah Bacaleg yang diduga memalsukan Surat Keterangan Berbadan Sehat (SKBS) Rumah Sakit Agoesdjam Ketapang dilanjutkan ke tahap sidang adjudikasi.

Ketua Bawaslu Kayong Utara, Khosen mengatakan, keputusan ini diambil lantaran dalam tahap mediasi ini kedua belah pihak belum mencapai kesepakatan.

Proses mediasi sudah dilakukan dua kali sejak pertama digelar pada Jumat (7/9/2018) lalu.

Baca: Bolehkan Mempekerjakan Anak di Bawah Umur, Berikut Ketentuan

"KPU yang meminta untuk melakukan adjudikasi, tentunya ketika ada permintaan seperti itu dan dalam konteks mencari kesepakan kita tidak menemukan, kedua belah pihak sepakat untuk dilanjutkan ke proses adjudikasi," katanya usai gelaran mediasi terkait persoalan itu di Kantor Bawaslu Kayong Utara, Sukadana, Senin (10/9/2018).

Ia memaparkan, tahap sidang adjudikasi dengan agenda pembacaan permohonan pemohon dan jawaban termohon akan dilangsungkan pada Rabu (12/9/2018).

Setelah itu, sidang akan dilanjutkan ke tahap pembuktian dan kesimpulan. Sementara putusan sidang adjudikasi diperkirakan akan diumumkan pada 18 atau 19 September 2018.

"Intinya kami akan berusaha secepat mungkin menyelesaikan proses ini, dan pembacaan putusannya bisa di tanggal 18 dan 19," pungkasnya.

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved