Ardianus Ardi Terpilih Jadi Ketua Himapol Untan periode 2018-2019

Ardianus Ardi terpilih menjadi Ketua Himapol Fisip Untan setelah unggul 4 suara dari khotib. Ardianus Ardi memperoleh 36 suara

Ardianus Ardi Terpilih Jadi Ketua Himapol Untan periode 2018-2019
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Penyerahan Laporan Pertanggungjawaban Demisioner (Kiri) kepada Ketua Himapol Terpilih (Kanan). 

Citizen Reporter,
Mahasiswi FISIP Untan, Rizka Nanda

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Musyawarah Besar (Mubes) ke IV Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (Himapol) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Tanjungpura lakukan Musyawarah Besar (Mubes) ke IV di Aula Balai pelestarian Budaya, Jalan Sutoyo, Pontianak, Sabtu (8/9/2018).

Ardianus Ardi terpilih menjadi Ketua Himapol Fisip Untan setelah unggul 4 suara dari khotib. Ardianus Ardi memperoleh 36 suara, khotib 32 suara dan 1 suara tidak sah dari 69 orang peserta mubes.

Wakil Dekan III Fisip Untan, Sabran Achyar tak menampik bahwa keberhasilan-keberhasilan Himapol ini memberi warna tersendiri bagi fakultas. Isu-isu kemasyarakatan yang selama ini digemborkan. Memberikan mahasiswa kesempatan untuk berkreasi dan kreativitas dalam mengembangkan isu-isu ini.

Sabran menuturkan pekerjaan rumah (PR) terpenting bagi ketua terpilih harus dapat mengasah dan mempertajam intelektualitas dalam berhimpun organisasi mahasiswa politik.

"Himapol ini memang banyak sekali membantu di tingkat lokal dan nasional sangat berperan," tutur Sabran.

Sementara itu, Kepala Prodi Ilmu Politik
Jumadi mengatakan, kampus harus bebas dalam praktek praktek politik praktis. Ia pun ingin kegiatan-kegiatan di Himapol lebih bersifat mendorong agar pemilu legislatif dan pilpres dapat berjalan sesuai dengan harapan. Hal itu dikarenakan saat ini bertepatan dengan tahun politik. Himapol harus punya agenda besar dalam mengambil peran positif untuk menghadapi pesta demokrasi yang sudah didepan mata.

"Silahkan berkerja sama dengan himpunan lain. Msalnya ilmu komunikasi dengan masalah penggunaan media sosial. Itu silahkan kita dorong," saran Jumadi.

Selain itu, ia juga menyarankan agar bisa menggarap kegiatan berbasis pendidikan, dan edukasi perilaku pemilih. Misalnya bagaimana cara memotret calon anggota legislatif yang betul-betul kredibel dan berintegritas. Apalagi saat ini, menurutnya ada pertempuran moral antar anggota DPR. Begitu juga bagaimana mahasiswa dapat berperan dalam menilik kerja Bawaslu dan KPU. Termasuk juga KPK. Apakah caleg yang bermasalah pernah terpidana kasus korupsi , kekerasan pada anak dan KDRT apakah itu diloloskan atau tidak.

"Saya berharap nanti silahakan dipilih pengurus yang cukup berkompentensi mampu menjalankan roda organisasi bukan hanya mau duduk saja tapi mau bekerja , itu penting. jadi proses belajar itu tidak hanya dikelas tapi juga di organisasi kemahasiswaan," tukas Jumadi.

Sementara itu, Ketua Himapol Terpilih Ardianus Ardi dalam orasinya menuturkan dirinya hadir bukan untuk golongan tertentu saja. Melainkan hadir untuk seluruh mahasiswa ilmu politik fisip untan serta masyarakat.

"Harapan saya, seluruh mahasiswa ilmu politik dapat berkontribusi untuk bangsa dan negara dangan aktif di kegitan-kegiatan himapol," pungkas Ardi.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved