Inilah Desain Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Sanggau

Desain gereja Katedral Sanggau, untuk pondasi dasar apabila dilihat dari atas, seperti salib romawi.....

Inilah Desain Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Sanggau
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HENDRI CHORNELIUS
Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Sanggau yang akan di Dedikasi oleh Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo Pada Selasa (11/9/2018) pukul 08.00 Wib. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hendri Chornelius

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU -Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Sanggau siap di Konsekrasi dan Dedikasi oleh Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo Pada Selasa (11/9/2018) pukul 08.00 Wib.

Ketua Umum Panitia Pelaksana, Pastor Richardus Riady Pr menjelaskan, desain gereja Katedral Sanggau, untuk pondasi dasar apabila dilihat dari atas, seperti salib romawi, kemudian dipadukan dengan budaya sehingga ada tujuh menara dan menyimbolkan lumbung padi masyarakat dayak.

Baca: Uskup Agung Jakarta Akan Dedikasi Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Sanggau

Baca: Kekemenag Sintang Pesan Pengurus LP3KD Jaga Kekompakan dan Buat Gerakan Moral

“Dan disetiap lumbung padi itu ada juga tiang-tiang sandong dan ditengah gereja ada dua tiang sandong utama sebagai penyanggah gereja. Kemudian di kaca-kaca patri mengambarkan sejarah keselamatan umat manusia, mulai dari penciptaan adam dan hawa yang ditempatkan di taman eden, ” jelasnya.

“Kemudian manusia jatuh kedalam dosa namun allah tetap mencintai manusia dengan mengutus nabi-nabi dan sampai dia mengutus putranya sendiri Yesus Kristus ke tengah-tengah dunia untuk menyelamatkan manusia. Kemudian putranya itu mengorbankan diri di kayu salib, lalu dia bangkit setelah bangkit dia naik ke surga, ” tambahnya.

Dan setelah naik ke surga, lanjut Pastor, dia mengutus roh kudusnya untuk menyertai manusia. Sehingga didalam kaca patri Gereja tergambar seluruh karya keselamatan tuhan atau cinta allah kepada manusia.

Pastor Riyadi menambahkan, gereja ini mampu menampung 1500 umat dan dibalkon atas bisa menampung umat sekitar 1000 orang. “Sehingga bisa muat 2500 umat didalam gereja ini. Gereja ini dibangun genap 7 tahun. Dari awal sampai sekarang persis 7 tahun gereja ini. Angkat 7 dalam masyarakat dayak cukup bagus, juga dalam gereja katolik itu sesuatu yang sangat bagus melambangkan 7 sakramen, ” ujarnya.

Kemudian, sumber dana pembangunan gereja katedral ini, pertama sumbangan dari umat, tanda solidaritas umat kesukupan Sanggau maka diminta setiap jiwa umat katolik Rp 25 ribu rupiah untuk pembangunan gereja katedral Sanggau ini.

“Dan terkumpul dari swadaya umat sebesar Rp 14 miliar, lalu ada bantuan dari Pemda Sanggau, Pemda Sekadau, Pemeritah Provinsi Kalbar serta donatur-donatur lain dari lokal ataupun dari luar Kalimantan dengan akhirnya total pembangunan Gereja Katedral Sanggau sebesar Rp 35 Miliar rupiah, ” pungkasnya. 

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved