Pelantikan Gubernur

Usai Dilantik Oleh Presiden RI, Ini Janji Sutarmidji pada Masyarakat Kalbar

Gubernur Kalbar Masa Jabatan 2018-2023, H Sutarmidji pastikan biaya pendidikan akan digratiskan di Kalimantan Barat

Usai Dilantik Oleh Presiden RI, Ini Janji Sutarmidji pada Masyarakat Kalbar
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar Periode 2018-2023 H Sutarmidji dan H Ria Norsan salam komando usai dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

 TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gubernur Kalbar Masa Jabatan 2018-2023, H Sutarmidji pastikan biaya pendidikan akan digratiskan di Kalimantan Barat mulai tahun 2019.

 Sesuai rilis yang diterima dari Humas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar, program ini sebagai wujud realisasi saat dirinya berkampanye pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) beberapa waktu lalu.

 "Tahun depan kita akan mulai menggratiskan biaya pendidikan sampai tingkat SMA/SMK negeri. Kita optimis akan membawa Kalbar baru lebih sejahtera dan masyarakatnya bisa menikmati semuanya," ungkap Gubernur Kalbar Sutarmidji usai dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

 Baca: Topan Dahsyat Sapu Jepang, Mobil Saling Tumpang Tindih, 11 Nyawa Melayang

Selain pendidikan gratis, Sutarmidji juga akan memfokuskan kerjanya pada pembangunan infrastruktur, kesehatan dan pendidikan. Menurutnya, jika program direalisasikan maka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) akan terdongkrak naik.

 “Kalau itu kita lakukan, IPM kita akan terdongkrak naik. Kita bersyukur pelantikan ini dipercepat karena sudah banyak hal yang harus kita kerjakan seperti pencegahan kebakaran lahan, angka kemiskinan yang begitu tinggi, IPM masih di urutan 29,” terangnya.

 Dirinya juga harus mempersiapkan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2019 supaya visi-misi Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih bisa menjawab masalah yang ada di Kalbar.

 Kalbar wilayah yang sangat luas, satu setengah kali Pulau Jawa. Sehingga program utama pemerintahannya adalah pemekaran Kapuas Raya sekalipun ada moratorium pemekaran.

 "Selain pendidikan, IPM di naikkan. Pemekaran Kapuas Raya juga kita prioritaskan sekalipun ada moratorium pemekaran. Saya optimis," imbuhnya.

Halaman
1234
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved