Tim Kemenkes RI Turun Ke Singkawang Selidiki Kasus Hepatitis A

Ia menambahkan Tim Kemenkes RI lakukan penyelidikan epidomologi kasus Hepatitis A yang terjadi agar benar-benar mendapat kepastian

Tim Kemenkes RI Turun Ke Singkawang Selidiki Kasus Hepatitis A
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIZKY PRABOWO RAHINO
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dr Andy Jap saat diwawancarai di Ruang Anggrek Hotel IBIS Pontianak, Jalan Ahmad Yani 1 Pontianak, Rabu (5/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,  PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dr Andy Jap mengatakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) tugaskan tim khusus ke Kota Singkawang, Rabu (5/9/2018).

Hal ini menyusul penetapan Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatitis A karena beberapa kasus yang terjadi di Singkawang. 

Baca: Hepatitis A Status KLB, Mardani: Idealnya Mereka Tidak Membayar, Melainkan Pemerintah

Baca: PHRI Sebut Wabah Hepatitis A Berdampak Pada Kunjungan Wisatawan

"Hari ini (5/9/2018),  Tim Kemenkes RI datang ke Singkawang. Sekitar empat orang yang turun, " ungkapnya saat diwawancarai Tribun Pontianak di Ruang Anggrek Hotel IBIS Pontianak,  Jalan Ahmad Yani 1 Pontianak, Rabu (5/9/2018).

Ia menambahkan Tim Kemenkes RI lakukan penyelidikan epidomologi kasus Hepatitis A yang terjadi agar benar-benar mendapat kepastian sumber penularannya. 

"Jadi,  untuk memperkuat dan mempertajam lagi.  Tim bukan dalam artian penanganan penderitanya. Justru lebih penting mencari sumber penularannya agar bisa distop, " katanya. 

Tim Kemenkes RI mencari sumber penularannya agar kasus Hepatitis A bisa dihilangkan dan tidak menyebar kemana-mana. Pemastian ini sangat penting untuk menjawab berbagai dugaan yang ada.

"Nanti,  tim Kemenkes RI akan bertanya dan mencari bagaimana sih kronologis kejadiannya.  Kemudian siapa saja, itu kita selidiki.  Sumbernya kita cari dengan mengambil sampel. Saat diperiksa ternyata positif,  maka itulah sumbernya. Saat ini kan kita hanya menduga-duga.  Setelah tim turun,  kita tunggu hasilnya, " tukasnya.  (Pra). 

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved