Heboh Guncangan di Wilayah Sungai Ambawang, BMKG Tegaskan Bukan Gempa

"Berdasarkan monitoring Pusat Gempa Nasional BMKG menunjukkan tidak terdapat catatan gempa bumi di Provinsi Kalbar pada hari ini" ujarnya

Heboh Guncangan di Wilayah Sungai Ambawang, BMKG Tegaskan Bukan Gempa
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Desa Teluk Bakung, kecamatan Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat 

Laporan Wartawan Tribunpontianak,  Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Adanya informasi masyarakat terkait guncangan di teluk bakung, Kecamatan Sungai Ambawang, Kubu Raya, Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Dr. Daryono, S.Si.,M.Si. nenilai tidak terdapat catatan gempa bumi di provinsi Kalimantan Barat.

"Berdasarkan monitoring Pusat Gempa Nasional BMKG menunjukkan tidak terdapat catatan gempa bumi di Provinsi Kalimantan Barat pada hari ini, Selasa (4/9)," ujarnya, Selasa (4/9/2018) malam.

Baca: Guncangan di Teluk Bakung Diduga Berasal dari Rongga Bumi

Baca: Guncangan Bukit Loncek Hebohkan Warga Teluk Bakung

Hal ini juga menurutnya berdasarkan sensor pencatat gempa terdekat dengan lokasi yang berada di Kalimantan barat.

"Sensor pencatat gempa terdekat dengan lokasi tersebut adalah Stasiun SSKI Singkawang. Tidak adanya getaran yang tercatat oleh sensor seismik mengindikasikan getaran tersebut memiliki sumber yang bersifat sangat lokal, sehingga tidak terdeteksi oleh jaringan sensor INATEWS," lanjutnya.

Ia mengutarakan ada dugaan bahwa pembangkit guncangan tersebut merupakan aktivitas sesar/patahan lokal.

"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sebagai antisipasi munculnya pemberitaan simpang siur, masyarakat diharapkan mengakses informasi BMKG melalui website http://www.bmkg.go.id, atau melalui aplikasi "Info BMKG" di playstore," tutupnya

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved