Pelantikan Gubernur

Inilah Roundown Acara Pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Terpilih Kalbar di Istana Negara

Selain Kalbar, delapan provinsi lainnya yakni Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Papua, Jawa Barat, Sumatera Utara,NTT, Jawa Tengah dan Bali.

Inilah Roundown Acara Pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Terpilih Kalbar di Istana Negara
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Sutarmidji dan Ria Norsan menunjukkan surat keputusan penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat terpilih periode tahun 2018-2023 oleh KPU Provinsi di Ballroom Hotel Kapuas Palace di Jalan Budi Karya, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (24/2/2018) malam. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak,  Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,  PONTIANAK -  Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat  Setda Kalimantan Barat, Alexander Rombonang menegaskan tidak ada perubahan jadwal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Terpilih Periode 2018-2023 Sutarmidji-Ria Norsan.

Hal ini berdasarkan hasil rapat koordinasi (rakor) tentang persiapan pelantikan yang berlangsung di Sekretariat Negara, Senin (3/9/2018).

Baca: Ikuti Pelantikan Sebagai Gubernur Kalbar, Sutarmidji Hari Ini ke Jakarta

Baca: Catat! Hari Ini, di Kabupaten Sambas Akan Ada Pemadaman Listrik

Rakor membahas persiapan terkait pelantikan 9 Gubernur/Wakil Gubernur terpilih hasil Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018. 

Selain Kalbar, delapan provinsi lainnya yakni Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Papua, Jawa Barat, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jawa Tengah dan Bali.

“Pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar terpilih yakni Bapak H Sutarmidji dan Bapak H Ria Norsan tetap dilaksanakan pada 5 September 2018,” ungkapnya, Selasa (4/9/2018).

Alex menambahkan sesuai roundown acara pelantikan bahwa para Gubernur-Wakil Gubernur tepilih sudah harus hadir di Istana Merdeka pada pukul 07.30 WIB. Sebelum prosesi pelantikan dilaksanakan, para Gubernur-Wakil Gubernur terpilih lebih dahulu mengikuti gladi bersih pada pukul 09.00 WIB. Gladi bersih bertujuan untuk kelancaran acara.

Setelah gladi bersih, acara dilanjutkan dengan prosesi penyerahan Keputusan Presiden (Keppres) oleh Presiden didampingi oleh Wakil Presiden (Wapres) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada pukul 09.30 WIB.

“Usai penyerahan Keppres, para Gubernur-Wakil Gubernur terpilih berjalan kaki dari Istana Merdeka ke Istana Negara. Namun, sebelumnya didahului oleh bapak Presiden, Wakil Presiden dan Mendagri. Sampai Istana Negara, lalu dilanjutkan acara pelantikan pada pukul 10.00-11.40 WIB,” paparnya.

Ia mengatakan beberapa pejabat daerah di Provinsi Kalbar diundang saat pelantikan para Gubernur-Wakil Gubernur terpilih.

Halaman
12
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved