IKIP PGRI Pontianak Peringkat I PTS se Kalbar, Rustam: Hasil Kerja Keras Seluruh Civitas Akademika

Kami menargetkan tahun 2019 IKIP PGRI Pontianak bisa tembus pada posisi 200 dan masuk cluster 2

IKIP PGRI Pontianak Peringkat I PTS se Kalbar, Rustam: Hasil Kerja Keras Seluruh Civitas Akademika
ISTIMEWA
Rektor IKIP PGRI Pontianak Rustam, M.Pd.Kons 

 TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebagai upaya memetakan mutu dan potensi perguruan tinggi di Indonesia, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melakukan pengelompokkan atau klasterisasi perguruan tinggi.

Pada tahun 2018 ini performa perguruan tinggi dinilai komponen yang digunakan yakni sumberdaya manusia, kelembagaan, kemahasiswaan, serta peneliti dan pengabdian kepada masyarakat serta inovasi.

Berdasarkan hasil keputusan dari Ristekdikti mengeluarkan hasil peringkat perguruan tinggi secara nasional IKIP PGRI Pontianak pada tahun 2017 menduduki peringkat 1000-1500 di cluster 4, namun pada tahun 2018 meningkat berada  diperingkat yang ke 320 secara nasional dan peringkat ke 9 untuk seluruh kalimantan, serta menduduki peringkat 1 untuk wilayah Kalbar dan masuk dalam cluster 3.

Rektor IKIP PGRI Pontianak Rustam, M.Pd.Kons mengatakan hasil ini merupakan kerja keras dari seluruh civitas akademika.

Selain itu juga memaparkan dalam meningkatkan daya saing ditengah kemajuan Iptek dan teknologi, IKIP PGRI Pontianak telah berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi perubahan dan perkembangan di dunia pendidikan.

Baca: Besok Kalbar Miliki Gubernur Baru, Sekda Sintang Harapkan Hal Ini

"Strategi perubahan mulai di rumuskan dan di jalankan dalam beberapa tahun terakhir ini, baik dari aspek kelembagaan, kurikulum, sistem informasi terpadu, sumber daya manusia mapun sarana dan prasana serta infrastuktur lainnya," ucap Rustam.

Dia berharap hasil pengelompokan/klasterisasi ini dapat mendorong perguruan tinggi di Indonesia khususnya IKIP PGRI Pontianak untuk terus melakukan perbaikan mutu secara berkelanjutan.

Warek I IKIP PGRI, Suherdiyanto, M.Pd optimistis tahun 2019, peringkat IKIP PGRI Pontianak akan terus naik seiring kembalinya para Dosen dari studi.

“Kami menargetkan tahun 2019 IKIP PGRI Pontianak bisa tembus pada posisi 200 dan masuk cluster 2. Dengan kembalinya para dosen ke kampus bersamaan dengan Publikasi ilmiah dari para dosen tersebut pada jurnal internasional serta banyaknya para dosen yang mendaftarkan hak ciptanya pada HAKI. Insya Allah IKIP PGRI Pontianak tahun 2019 bisa kembali meningkat pada pemeringkatan tahun 2019,” pungkasnya.

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved