Pilgub Kalbar

Jokowi Lantik Gubernur Kalbar Terpilih, Penjabat Gubernur Akan Lakukan Serah Terima

Presiden akan menyerahkan Petikan Keputusan Presiden (Keppres) kepada gubernur dan wakil gubernur terpilih, Senin (3/9/2018)

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO
Pj Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID PONTIANAK - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat Dodi Riyadmadji mengatakan prosesi pelantikan gubernur terpilih oleh presiden Joko Widodo akan diawali di Istana Merdeka.

Presiden akan menyerahkan Petikan Keputusan Presiden (Keppres) kepada gubernur dan wakil gubernur terpilih, Senin (3/9/2018)

Setelah itu pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih di sembilan provinsi yang akan dilantik diarak dari Istana Merdeka menuju ke Istana Negara, setelah menerima Keppres di Istana Merdeka.

Baca: Cegah Penularan Hepatitis A pada Anak, Dinas Kesehatan Singkawang Usul Sekolah Diliburkan

"Rencananya pelantikan dilakukan tanggal 5 September antara pukul 09.30 WIB dan pukul 10.00 WIB," ujarnya.

Dody mengatakan untuk aktivitas serah terima jabatannya akan dilakukan di Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat.

Mengenai jadwal penyerahan Dodi mengakui masih belum mendapat keputusan.

Pengajuan serah terima jabatan dilakukan 6 September 2018. Hanya saja jadwal itu bisa saja perubahan sebab Kementerian Dalam Negeri ingin menyeragamkan serah terima jabatan sembilan gubernur yang dilantik. Sesuai dengan Keputusan Dirjen Otda Kemendagri, serah terima jabatan dilakukan tanggal 7 September 2018.

“Semalam dengan Pak Midji merapatkan tanggal 6 September, kemungkinan dari pusat diseragamkan tanggal 7 September untuk sembilan provinsi itu,” ujarnya.

Pertimbangannya kata Dody tidak memungkinkan Papua yang dilantik tanggal 5 Desember langsung pulang pukul 24.00 menuju ke Jayapura lalu terima jabatan di tanggal 6 September dan terkesan terburu-buru.

"Kemungkinan tanggal 7 September baru dilakukan, tapi masih menunggu keputusan dari Menteri Dalam Negeri,” ujarnya

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved