Pileg 2019

23 Bacaleg Diduga Palsukan SKBS, Parpol Cuma Punya Dua Pilihan

Pilihan pertama, Parpol masih berhak mengajukan nama lain ke KPU Kayong Utara untuk mengganti Bacaleg yang diduga bermasalah itu.

23 Bacaleg Diduga Palsukan SKBS, Parpol Cuma Punya Dua Pilihan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ADELBERTUS CAHYONO
Ketua KPU Kayong Utara, Rudi Handoko 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Adelbertus Cahyono

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Ketua KPU Kayong Utara, Rudi Handoko mengatakan, masing-masing Parpol yang Bacalegnya terlibat dalam kasus dugaan pemalsuan Surat Keterangan Berbadan Sehat (SKBS) RS Agoesdjam Ketapang hanya memiliki dua pilihan.

Pilihan pertama, Parpol masih berhak mengajukan nama lain ke KPU Kayong Utara untuk mengganti Bacaleg yang diduga bermasalah itu.

Baca: Bawaslu Kayong Utara Gelar Sidang Adjudikasi Tiga Bacaleg TMS

Baca: Bawaslu Kayong Utara Gelar Sidang Ajudikasi Tiga Bacaleg TMS

Atau, Parpol boleh-boleh saja tetap mempertahankan Bacaleg tersebut, namun bila Bacaleg itu dianggap Tidak Memenuhi Syarat (TMS), maka Parpol harus mengajukan permohonan sengketa ke Bawaslu.

"Pilihannya cuman dua, kalau partai mengganti silahkan, berarti kan Caleg baru, pengganti DCS ya, tapi kalau dipertahankan kemudian misalnya diTMSkan, inilah proses demokrasi yang beradab itu, sampaikan ke Bawaslu," katanya di Sukadana, Jumat (31/8/2018).

Ia memaparkan, Parpol yang memilih untuk tetap mempertahankan Bacalegnya dan mengajukan permohonan sengketa harus siap menerima apapun keputusan dari Bawaslu.

Apabila keputusan Bawaslu senada dengan KPU, maka konsekuensinya beberapa Parpol akan kehilangan seluruh Bacaleg di satu atau dua Dapil.

Hal ini mengingat diantara 23 Bacaleg yang diduga melanggar itu ada juga yang perempuan.

"Tapi kalau misalnya putusan Bawaslu mementalkan putusan KPU, misalkan Caleg-caleg itu yang menang, ya lolos lagi, tetap masuk DCT (Daftar Calon Tetap)," jelasnya.

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved