Advertorial

Periodisasi Jumlah Penduduk Kota Pontianak

Permasalahan kependudukan pada akhirnya bukan hanya menggambarkan persoalan kependudukan, tetapi lebih dari itu...

Periodisasi Jumlah Penduduk Kota Pontianak
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Penduduk adalah sebagai modal dasar dan faktor dominan pembangunan harus menjadi titik sentral dalam pembangunan berkelanjutan karena jumlah penduduk yang besar dengan kualitas rendah dan pertumbuhan yang cepat akan memperlambat tercapainya kondisi yang ideal antara kuantitas dan kualitas penduduk dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

Permasalahan kependudukan pada akhirnya bukan hanya menggambarkan persoalan kependudukan, tetapi lebih dari itu, persoalan tersebut merupakan permasalahan pembangunan yang sedang dihadapi Indonesia.

Hal tersebut berkaitan juga dengan pemikiran secara konseptual bahwa hubungan antara kependudukan dan pembangunan ekonomi bersifat resiprokal (atau timbal balik).

Berbicara tentang penduduk, Dinas Dukcapil Kota Pontianak sesuai tugas pokok dan fungsinya dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah  dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah menjelaskan bahwa administrasi kependudukan dan pencatatan sipil adalah urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar.

Di bawah ini dijelaskan periodisasi jumlah penduduk Kota Pontianak.

1. Sebelum diterbitkannya, UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yaitu:

TABEL
TABEL (TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA)

2. Setelah diterbitkannya UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan s/d Terbitnya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 470/135/SJ tanggal 13 Februari 2013 tentang Data Kependudukan yang dapat digunakan dan diterbitkannya UU Nomor 24 tahun 2013 tentang Perubahan Atas UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

TABEL
TABEL (TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA)

Untuk poin 1 dan poin 2 ini dapat dilihat di website kami di menu https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/page/periodesasi-jumlah-penduduk 

3. Setelah terbitnya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 470/135/SJ tanggal 13 Februari 2013 dan diterbitkannya UU Nomor 24 tahun 2013 tentang Perubahan Atas UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Terbitnya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 470/135/SJ tanggal 13 Februari 2013, menjelaskan bahwa data kependudukan yang dapat digunakan sebagai data penduduk Kabupaten/Kota adalah data yang telah diolah dan dikonsolidasikan oleh Kementerian Dalam Negeri dan dapat diterbitkan per semester, yaitu Semester I pada 30 Juni dan Semester II pada 31 Desember.

Selain itu jika ada keperluan khusus atau hal tertentu sesuai kebutuhan juga dapat diterbitkan.

Pada tahun 2013 juga, telah disahkan produk hukum berupa Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan oleh DPR RI pada tanggal 26 November 2013, yang merupakan perubahan yang mendasar dibidang administrasi kependudukan. Tujuan utama dari perubahan UU dimaksud adalah untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, menjamin akurasi data kependudukan dan ketunggalan Nomor Induk
Kependudukan (NIK) serta ketunggalan dokumen kependudukan.

Bahwa ruh dari adanya produk hukum tersebut adalah mengatasi permasalahan kependudukan yang senantiasa selalu timbul seiring berkembangnya waktu dan keperluan Warga Negara.

Untuk perkembangan data penduduk pada periodisasi ke-tiga ini dapat dilihat di menu statistik pada website kami di https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/ .

-- Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak  --

Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved