DPT Pemilu 2019 Telah Ditetapkan, Kadisdukcapil Kalbar Pastikan Perekaman Berjalan Baik

Menurutnya, di Dukcapil memang memproduksi data kependudukan, dan untuk keperluan pemilu, data yang difinalkan dengan DP4.

DPT Pemilu 2019 Telah Ditetapkan, Kadisdukcapil Kalbar Pastikan Perekaman Berjalan Baik
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Kadisdukcapil Kalbar, Y Antonius Rawing. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kadisdukcapil Kalbar, Y Antonius Rawing berharap DPT yang telah ditetapkan tak jauh berbeda dengan data yang dimiliki Disdukcapil, karena memang dasar DPT dari DP4 Dukcapil.

Menurutnya, di Dukcapil memang memproduksi data kependudukan, dan untuk keperluan pemilu, data yang difinalkan dengan DP4.

"DP4 sudah diserahkan dari pusat ke KPU, itu yang harus dibreakdown oleh KPU sehingga dalam menentukan DPS atau DPT menjadi bahan pembanding yang mestinya membantu KPU menemukan data yang valid supaya bisa diminimalisir permasalah seperti data ganda dan sebagainya, karena data di D4 sudah ditunggalkan, konsolidasikan karena data base dipusat sudah ditunggalkan baru bisa direkap menjadi suatu data disebut DP4," ujarnya, Kamis (30/08/2018) saat menghadiri Pleno penetapan DPT tingkat KPU Prov di Hotel Aston Pontianak.

Rawing mengatakan, DPT yang dikeluarkan memanglah agaknya berbeda dengan data Dukcapil, karena KPU mempunyai sumber data sendiri.

"DPT yang dikeluarkan melalui aplikasi Sidalih KPU, itu agak berbeda dengan data kependudukan di Siak Dukcapil, namun memang untuk keperluan memilih, UUnya menyebutkan KPU punya aplikasi sendiri disamping menggunakan data kependudukan yang disebut DP4," bebernya.

Ia pun berharap, agar selisih data dari Dukcapil dengan KPU akan semakin sedikit.

"Harapan kita kedepan semakin kecil selisih antara DP4 dan DPT yang dibuat KPU," harapnya.

Terkair masalah di perbatasan, Rawing pun mengatakan sesuai dengan tupoksi pihaknya siap membantu bila memang ditemukan permasalahan.

Hal tersebut, lanjutnya, agar KPU jangan sungkan mengkonfirmasikan ke Disdukcapil Kab Kota agar bisa koordinasi.

Mengenai perekaman, Rawing juga mengklaim sudah berjalan dengan baik. Maka dari itu diharapkan peran aktif dari masyarakat.

"Perekaman sebenarnya kita sudah jalan normal, bagus namun perlu diimbangi kesadaran masyarakat, dari petugas Dukcapil telah melakukan jemput bola, masyarakat perlu ditingkatkan kesadarannya untuk hak-hak mereka, jangan sampai petugas jemput bola masyarakat cuek," tukasnya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved