Musim Kemarau, Kadiskes Imbau Waspada ISPA dan Diare

Kemudian, diere inikan karena air kurang, adanya penjual yang tidak begitu bersih,

Musim Kemarau, Kadiskes Imbau Waspada ISPA dan Diare
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / HENDRI CHORNELIUS
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, dr Jones Siagian 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hendri Chornelius

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Kepala Dinas Kesehatan Sanggau, dr Jones Siagian mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan diare, mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau.

“Terkait dengan diarenya, karena kemarau kan kekurangan air bersih, kalau ISPA nya ini karena adanya kabut asap,” katanya, Selasa (28/8).

Untuk mencegah diare, lanjut Jones, usahakan konsumsi air bersih, atau air yang diminum harus dimasak direbus sampai 100 derajat celcius.

Baca: Siswi SMK Tewas Tenggelam di Batu Bekajang, Polisi Beberkan Kronologinya

“Kemudian, diere inikan karena air kurang, adanya penjual yang tidak begitu bersih, maka hindarilah makan-makan di tempat yang hieginisnya kurang, ” ujarnya.

Sampai hari ini, kata Jones, kasus diare di kabupaten Sanggau tidak terlalu meningkat, ada penambahan tapi tak signifikan.

“Mungkin masyarakat sudah sadar, kalau musim begini mereka sudah antisipasi. Tapi musim kemarau rentan terkena diaere, kita sudah antisipasi ke semua Puskesmas, logistik untuk kasus diare sudah disiapkan, sampai ke Poskesdes dan Pustu, ” ujarnya. 

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved