Resmikan Gedung Kesenian Batu Linoh, Jarot Pesan Warga Nobal Jaga Kesenian dan Budaya

Ini dapat mendukung wujud persaudaraan dan silatrurrahmi masyarakat di Desa Nobal ini tetap terjaga antar suku dan agama yang ada.

Resmikan Gedung Kesenian Batu Linoh, Jarot Pesan Warga Nobal Jaga Kesenian dan Budaya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / WAHIDIN
Bupati Sintang Jarot Winarno meresmikan Gedung Kesenian Batu Linoh yang terletak di Desa Nobal, Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Sabtu (25/8/2018) kemarin. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Bupati Sintang Jarot Winarno meresmikan Gedung Kesenian Batu Linoh yang terletak di Desa Nobal, Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Sabtu (25/8/2018) kemarin.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur Fokopimcam Sungai Tebelian,unsur Pemerintah Desa Nobal, masyarakat desa noba, tokoh agama dan tokoh masyarakat desa nobal dan unsur terkait lainnya.

Jarot mengatakan pemerintah Kabupaten Sintang sangat mendukung dengan adanya gedung kesenian yang telah diresmikan tersebut.

Baca: Tenggelam di Sungai Landak, Seorang Bocah Ditemukan Sudah Meninggal

Menurutnya keberadaan gedung kesenian sangat penting guna untuk sebagai tempat berkumpul masyarakat untuk menggali kembali kesenian-kesenian atau adat budaya yang ada di Desa Nobal.

Jarot mengatakan bahwa budaya lokal, budaya dayak atau budaya lainnya yang kita miliki memang harus dilestarikan, keberadaan gedung ini harus dimanfaatkan masyarakat di sini menggali kesenian dan adat budaya yang ada.

"Sehingga kalau ada event budaya macam gawai dayak Desa Nobal bisa mengikuti sepenuhnya rangkaian kegiatan yang diperlombakan," jelasnya.

Selain itu menurut Jarot keberdaan gedung kesenian ini juga bisa di manfaatkan masyarakat untuk berkumpul mengadakan kegiatan lain seperti acara pertemuan tingkat desa,atau pertemuan lainnya.

Ini dapat mendukung wujud persaudaraan dan silatrurrahmi masyarakat di Desa Nobal ini tetap terjaga antar suku dan agama yang ada.

“Saya sangat bangga Desa Nobal ini masyarakatnya rukun, meskipun riak-riak di luar seperti di medsos sering terjadi informasi yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan sesame anak bangsa," katanya.

Baca: Pencak Silat Sumbang 1 Emas, Update Perolehan Medali & Klasemen Asian Games 2018

Baca: Piala Soeratin U-17 Hanya Diikuti 4 Tim, Ini Penjelasan PSSI Kalbar

Jarot meminta agar gedung kesenian tersebut di jaga sehingga keberadaannya akan di bisa di rasakan untuk generasi-generasi ke depannnya.

Sementara itu mantan Kades Nobal dua periode M. Kiat mengatakan Gedung Kesenian Batu Linoh Desa Nobal itu di bangun masa kepemerintahannya yakni di bangun tahun anggaran 2017 lalu dengan total biaya sekitar 350 juta rupiah yang bersumber dari APBDes.

"Tujuan pembangunan gedung kesenian ini untuk tempat kami menggali potensi kesenian dan adat istiadat di sinilah, masyarakat bisa belajar kesenian dan budaya lainya, sehingga nanti kalau ada acara budaya di kabupaten kami siap mengikutinya," kata Kiat.

Kiat berharap meskipun dirinya tak menjabat lagi sebagai Kades Nobal, Pemerintahan Desa Nobal yang baru nanti bisa memanfaatkan keberdaan gedung kesenian itu baik untuk acara, maupaun kegiatan lainnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved