Pencinta Hewan Nilai Vaksinasi Rabies Sangat Penting

Nanda yang punya 7 ekor kucing mengaku rajin vaksin hewan peliharaannya rutin setahun sekali.

Pencinta Hewan Nilai Vaksinasi Rabies Sangat Penting
Tribun Pontianak/Leo Prima
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Vaksinasi hewan-hewan peliharaan khususnya kategori Hewan Penular Rabies (HPR) seperti anjing dan kucing dinilai sangat penting oleh masyarakat Kota Pontianak. Langkah ini dinilai sebagai upaya mencegah HPR yang dipelihara bebas dari wabah rabies.

Satu diantara pencinta kucing, Nanda (22) tidak menampik vaksinasi menjadi elemen terpenting yang harus dilakukan untuk kucingnya. Melalui vaksinasi, setidaknya diharapkan bisa mencegah kucing-kucing kesayangannya dari rabies.

“Tidak hanya kucing kita yang sehat dan bebas rabies, mas. Kita yang memelihara juga terhindar dari risiko rabies,” ungkapnya kepada Tribun Pontianak, Minggu (26/8/2018).

Nanda yang punya enam ekor kucing jenis anggora dan satu ekor kucing maine coon ini mengaku rajin vaksin hewan peliharaannya rutin setahun sekali.

“Vaksin setahun sekali cukuplah agar kondisi kekebalan kucing-kucing saya terjaga. Vaksinnya langsung saja ke klinik hewan atau ke dinas terkait. Mudah kok,” terang warga Sungai Raya Dalam ini.

Tidak hanya melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaannya, ia juga membatasi gerak kucing-kucingnya hanya di sekitar wilayah rumah.

“Kebetulan pagar rumah saya kan tinggi. Jadi kalau dilepas, biasanya di dalam dan halaman rumah saja. Saya tidak berani lepas, karena takut juga kontak dengan kucing-kucing liar,” pungkasnya.

Satu diantara pencinta anjing, Monica (24) mengakui vaksinasi yang diberikan kepada hewan peliharaannya bertujuan untuk menghindari terinfeksi wabah rabies.

“Karena rabies itu kan berbahaya, mas. Bisa menyerang syaraf, khususnya syaraf otak,” terangnya.

Monica mengatakan minimal vaksinasi hewan peliharaannya diberikan setiap setahun sekali. Ia menambahkan interaksi antara pemelihara dan hewan peliharaan lazimnya sangat sering dilakukan setiap hari.

“Saya mengajak mengajak pencinta anjing untuk rutin vaksin hewan peliharaan. Biar peliharaan kita sehat dan terhindar rabies. Kita juga aman ketika kontak fisik dengan hewan peliharaan,” tandasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved