Mahasiswa Berbagai Negara Ikut Tanam Bibit Mangrove di Mempawah Mangrove Park

Tak perduli berlumpur dan kotor, para peserta ini terlihat bahagia berlumpur ria untuk menanam mangrove.

Penulis: Ferryanto | Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / FERRYANTO
  Caption ; Youma (18) (Bertopi) dan Chia Yen saat Tanam Bibit Mangrove di Mempawah Mangrove Park, Minggu (26/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ferryanto

TRIBUNPONTIANAL.CO.ID,MEMPAWAH- Minggu (26/8/2018) pagi, Mempawah Mangrove Park yang teletak di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Mempawah di padati oleh muda mudi atau mahasiswa  berasal dari berbagai daerah bahkan luar negeri.

Mereka yang kebanyakan yang berasal dari luar negeri, yang saat ini tengah mengikuti kegiatan JSP (Join Summer Program) / Summer Camp di Kabupaten Mempawah. Mereka semua tampak asik terjun ke lumpur untuk menanam Mangrove.

Tak perduli berlumpur dan kotor, para peserta ini terlihat bahagia berlumpur ria untuk menanam mangrove.

Baca: Syafrudin : Mancing Udang Untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan

Raja Fajar Azansyah, Ketua Mempawah Mangrove Concervation yang merupakan penggiat lingkungan mengatakan bahwa dalam rangka memperingati hari ulang tahun Mempawah Mangrove Park yang ke 2, maka di gabungkan lah kegiatan Join Summer Program (JSP)/Summer Camp dengan agenda Mempawah Mangrove Festival.

Peserta JSP ini berasal dari berbagai negara, antara lain Taiwan, Malaysia, Bruney Darussalam, Jepang, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Baca: Puas, Pengunjung Akui Keindahan Panorama Pantai Temajuk

Mempawah Mangrove Festival sendiri digelar sejak tanggal 25 - 28 Agustus 2018, yang akan di isi dengan berbagai kegiatan, satu di antaranya adalah menanam mangrove bersama di Mempawah Mangrove Park seperti yang di lakukan pagi ini.

Fajar berharap dengan adanya Kegiatan ini diharapkan mampu membantu mengkampanyekan "save mangrove" secara lebih luas.

"Keterlibatan peserta summer camp, tentunya akan berdampak luas terhadap kampanye tersebut, yakni kampanye save mangrove,"ujarnya.

Selain itu di harap pula kedepan, Mempawah Mangrove Park dapat menjadi wadah para penggiat dan pemerhati lingkungan.

Selanjutnya, Youma (18) mahasiswa asal Jepang yang ikut dalam kegiatan ini mengatakan bahwa ia sangat senang dengan kegiatan menanam Mangrove ini.

Youma (18) (Bertopi) dan Chia Yen dan mahasiswa/mahasiswa dari luar negeri dan daerah saat Tanam Bibit Mangrove di Mempawah Mangrove Park,  Minggu (26/08/2018).
Youma (18) (Bertopi) dan Chia Yen dan mahasiswa/mahasiswa dari luar negeri dan daerah saat Tanam Bibit Mangrove di Mempawah Mangrove Park, Minggu (26/8/2018).

Kendati Indonesia sedikit lebih panas di bandingkan negaranya, ia menikmati suasana di Indonesia.

Kemudian, Chia Yen (21) mahasiswa asal Taiwan, iapun merasakan hal serupa.

Ia menyukai ketika proses menanam Bibit mangrove ini.

Keduanya mengatakan bahwa ini merupakan pengalaman pertamanya, iapun merasakan sensasi yang luar biasa ketika menanam Mangrove ini, dan berharap Bibit Mangrove yang di tanamnya akan tumbuh hingga menjadi Mangrove Dewasa.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved