Lepas Ikan Arwana ke Danau Lindung, Bupati Nasir Curhat Soal Dana APBD

Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir menyatakan Kabupaten Kapuas Hulu sangat luas dan masuk dalam kawasan konservasi.

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Rizky Zulham
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir saat melepaskan ikan arwana ke danau lindung keliling, Desa Tembang Kecamatan Bunut Hilir, Minggu. (26/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Menghadiri restocking ikan arwana dan panen raya ikan konsumsi di Danau Lindung Keliling Desa Tembang Kecamatan Bunut Hilir, Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir menyatakan Kabupaten Kapuas Hulu sangat luas dan masuk dalam kawasan konservasi.

"Tapi APBD kita hanya Rp 1,6 triliun lebih, dimana harus membangun Kapuas Hulu yang sangat luas ini. Maka sangat butuh bantuan dari pemerintah pusat, untuk membangun Kapuas Hulu lebih baik lagi," ujarnya, Minggu (26/8/2018).

Terkait restocking ikan arwana dan panen raya ikan konsumsi ini bisa membawa kesejahteraan masyarakat Desa Tembang Kecamatan Bunut Hilir. "Danau lindung harus mampu mensejahterakan masyarakat," ucapnya.

Nasir juga menjelaskan bahwa, jumlah danau di Kapuas Hulu sebanyak 200 lebih danau dan 24 sudah di tetap sebagai danau lindung. "Terbentuk danau lindung adalah inisiatif dari masyarakat, dan Pemerintah hanya memperkuatkan saja," ujarnya.

Menurutnya, sekarang populasi ikan di sungai sudah mulai berkurang. Sehingga perlu ada budidaya ikan, dan menjadikan danau berubah menjadi status danau lindung. "Itu sangat penting supaya, populasi ikan tetap selalu terjaga, hingga ke anak cucu kedepannya," ucapnya.

Bupati menuturkan, selama ini masyarakat hanya bisa menangkap ikan, tapi tidak pernah bagaimana membudidayakan ikan itu sendiri. "Nanti akan kita buat perda khusus alat cara menangkap ikan. Kalau tak ada diatur habis ikan kita nantinya, serta sulit menangkap ikan," ungkapnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved