Lantamal XII Pontianak Gelar Baksos, Warga Lemukutan Berharap Jadi Agenda Rutin

"Kalau ngandalkan Bidan, mereka kadang-kadang pulang, itupun kalau orang mau melahirkan baru kadang ditelpon," katanya.

Lantamal XII Pontianak Gelar Baksos, Warga Lemukutan Berharap Jadi Agenda Rutin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/BELLA
Dokter saat memeriksa kesehatan warga dalam Baksos peringatan HUT Lantamal XII Pontianak yang ke-3 di Pulau Lemukutan, Kabupaten Bengkayang pada Minggu (26/8/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Keluhkan layanan kesehatan di Pulau Lemukutan, Kabupaten Bengkayang, Idiansyah berharap agar kegiatan Bhakti Sosial dengan mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis dapat digelar rutin, minimal setiap satu tahun sekali.

Seperti hari ini, Minggu (26/8/2018), Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut ( Lantamal) XII Pontianak menggandeng para tenaga medis, melakukan kegiatan baksos di Pulau Lemukutan dalam rangka HUT Lantamal XII Pontianak yang ke-3.

Mereka terdiri dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Ahli Bedah Indonesia (PABI) dan juga persatuan dokter ahli mata (Perdami).

"Kalau ngandalkan Bidan, mereka kadang-kadang pulang, itupun kalau orang mau melahirkan baru kadang ditelpon," katanya.

Di Pulau Lemukutan sendiri hingga saat ini belum ada Puskesmas, sehingga pengobatan lebih lanjut biasanya akan dirujuk ke Puskesmas di Sungai Raya Kepulauan yang jaraknya lumayan, ditempuh dengan menggunakan speed.

Sementara menurut seorang warga yang berprofesi sebagai nelayan, salah satu kendala mereka di kepulauan adalah ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) yang harganya mencapai Rp 10 ribu per liter untuk jenis BBM subsidi.

Sedangkan untuk pergi ke Puskesmas, atau dalam situasi darurat mereka harus menggunakan speed.

Dan menurut Bidan yang telah lima tahun bertugas di Pulau Lemukutan, Marlina Itin, yang menjadi kendala selama iya bertugas adalah ketersediaan Kendaraan dinas.

Penulis: Bella
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved