Pileg 2019

Bacaleg Tak Penuhi Syarat, Rudi: Parpol Masih Bisa Ajukan Sengketa ke Bawaslu

Namun, kalau Parpol tetap yakin bahwa caleg-calegnya yang dapat tanggapan dan temuan itu tidak bermasalah, silahkan saja

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ADELBERTUS CAHYONO
Ketua KPU Kayong Utara, Rudi Handoko 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Adelbertus Cahyono

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Ketua KPU Kayong Utara, Rudi Handoko mengatakan masing-masing Parpol dapat mengajukan permohonan sengketa ke Bawaslu manakala 23 Bacaleg yang diduga memalsukan Surat Keterangan Berbadan Sehat (SKBS) dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) untuk ditetapkan ke Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Legislatif Kayong Utara 2019.

"Namun, kalau Parpol tetap yakin bahwa caleg-calegnya yang dapat tanggapan dan temuan itu tidak bermasalah, silahkan saja. Berarti bisa membuktikan bahwa tanggapan dan temuan itu tidak benar," ucap Rudi sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima Tribun, Minggu (26/8/2018).

Baca: Terkait Pemberitaan Gawai Serentak Picu Karhutla, Aman Kalbar Somasi Kepala BNPB Nasional

Para Bacaleg, kata Rudi, masih memiliki kemungkinan untuk ditetapkan ke DCT apabila permohonan yang mereka ajukan ke Bawaslu dalam proses sengketa dikabulkan.

Namun sebaliknya, manakala permohonan itu tidak dikabulkan, maka dapat dipastikan Parpol akan kehilangan seluruh Bacalegnya di satu satu atau dua Daerah Pemilihan (Dapil).

"Sebab ada keterwakilan 30% perempuan yang tidak terpenuhi," sambung Rudi.

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved