Sekolah Libur Karena Asap, Duta Lingkungan Hidup SMA Islamiyyah Pontianak Prihatin

Siswa kelas XII IPS 1 itu menilai, liburnya sekolah pada masa tak seharusnya libur ini adalah satu dari contoh nyata dampak negatifnya.

Sekolah Libur Karena Asap,  Duta Lingkungan Hidup SMA Islamiyyah Pontianak Prihatin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISHAK
Duta Lingkungan Hidup SMA Islamiyah Pontianak, Ade Mesti Anugrah 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Liburnya kegiatan pembelajaran di sekolah karena asap, memantik keprihatinan. Kondisi ini, dikhawatirkan bisa menyebabkan terhambatnya proses belajar mengajar bagi siswa kelas akhir.

"Ini sangat memprihatinkan. Kabut asap ini adalah bencana lingkungan yang diakibatkan oleh alam dan oknum-oknum yang tak bertanggung jawab," ujar  Duta Lingkungan Hidup SMA Islamiyah Pontianak, Ade Mesti Anugrah, Jumat (24/08/2018).

Baca: Libur Karena Asap Bikin Males, Vio Pilih Buat Aksi Sosial

Baca: Putus Dari Ariel Noah, Sophia Latjuba Kepergok Mesra Dengan Pria ini?

Siswa kelas XII IPS 1 itu menilai, liburnya sekolah pada masa tak seharusnya libur ini adalah satu dari contoh nyata dampak negatifnya.

Namun, pilihan tersebut harus diambil karena menjadi keputusan yang paling logis dan paling tepat. 

"Tap libur ini demi menjaga anak-anak sekolah. Karena berada di luar rumah dalam lingkungan berkabut sangat berbahaya bagi keselamatan dan kesehatan para siswa. Apalagi jarak pandang dan rasa semakin sesak karena asap sangat membuat tidak nyaman," sambungnya.

Kondisi ini, katanya, jelas sangat berdampak pada materi pelajaran yang pastinya tertinggal karena libur ini. Terutama bagi anak-anak kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA atau SMK yang harus mengejar dan menuntaskan setiap materi yang akan masuk dalam ulangan dan ujian.

Para guru pun pasti akan kesulitan jika siswa-siswanya banyak ketinggalan pelajaran akibat libur kabut asap ini. Solusinya, menurutnya, efektivitas dan upaya lebih keras dalam pembelajaran ketika telah masuk sekolah.

"Para siswa juga harus belajar sendiri di rumah dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Terutama untuk membaca buku dan mengerjakan soal-soal latihan," pungkasnya. 

Penulis: Ishak
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved