Idul Adha

Rayakan Idul Adha, MABM Sintang Gelar Acara Potong Kurban dan Buat Lemang

Ketua Panitia Kegiatan Kurniawan mengatakan bahwa hewan qurban yang dipotong tahun ini berjumlah 3 ekor terdiri dari 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, DPD MABM Kabupaten Sintang menggelar kegiatan pemotongan hewan qurban, membuat lemang, dan melakukan takbir bersama di Rumah Adat Melayu Tepak Sirih, Kamis (23/8/2018) kemarin. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, DPD MABM Kabupaten Sintang menggelar kegiatan pemotongan hewan qurban, membuat lemang, dan melakukan takbir bersama di Rumah Adat Melayu Tepak Sirih, Kamis (23/8/2018) kemarin.

"Rangkaian kegiatan ini untuk menangkap dan mengaktualisasikan semangat berqurban di kalangan puak Melayu dan mempererat persaudaraan sesama puak Melayu Sintang," ujar Ketua DPD MABM Sintang, Ade Kartawijaja.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Kurniawan mengatakan bahwa hewan qurban yang dipotong tahun ini berjumlah 3 ekor terdiri dari 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

"Daging qurban tersebut sebagian besar akan dibagikan kepada orang-orang berhak menerima di kelurahan dan desa se-Kota Sintang. Sebagian kecil daging tersebut dimakan bersama saat takbiran di rumah Melayu," jelasnya.

Sementara untuk pembuatan lemang, Kurniawan mengatakan untuk menghidupkan kembali jenis makanan khas Melayu yang menjadi warisan budaya masa lalu.

Kemudian juga untuk mengedukasi puak Melayu Kabupaten Sintang untuk tetap mengetahui tata cara membuat lemang tersebut.

Menurutnya selama ini diakui bahwa membuat lemang sudah jarang dilakukan dan akan menghilangkan pengetahuan tata cara membuatnya.

"Kita perlu untuk enghidupkan kembali warisan kuliner masa lalu untuk generasi muda kita di masa depan agar tetap tahu," kata Kurniawan.

Pada kegiatan itu, berhasil membuat lemang sebanyak 150-200 batang lemang. Menariknya, penyiapan bahan lemang ini, mulai dari buluh bambu, pulut, santan, daun pisang muda dan kayu bakar diadakan secara bergotong royong dari para pengurus dan anggota MABM.

"Disinilah kita nerasakan arti kebersamaan dan saling beekrjsama sehingga dijadikan kebiasaan dan budaya di MABM," kata Kurnawan.

Selaku Ketua Panitia, Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja optimal melaksanakan agenda DPD MABM di hari raya Idul Adha tahun ini.

"Kegiatan yang pertama ini menjadi langkah awal untuk kita berbat di masa depan. Kita akan evaluasi kegiatan yang sudah dilakukan, dan ke depan akan semakin kita perluas kegiatan-kegiatan yang positif dar puak Melayu di Rumah Melayu Sintang," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved