Smart Woman

Menjadi Dosen Muda, Anna Mengaku Punya Tantangan Tersendiri

"Anna suka mahasiswa yang rajin, kalau ada tugas ngerjain, kalo yang nggak manut apalagi jarang masuk itu yang buat kesal," katanya bercerita.

Menjadi Dosen Muda, Anna Mengaku Punya Tantangan Tersendiri
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANESH VIDUKA
Anna, Media Relation sekaligus Dosen Amik BSI Pontianak. TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Menjadi dosen di usia yang masih sangat muda, Anna (24), punya tantangan tersendiri ketika berhadapan dengan mahasiswa.

Ia mengaku sering digoda dan dibercandain oleh mahasiswa yang tidak jarang usianya jauh lebih tua.

Baca: Bercita-cita Jadi Guru Bahasa Inggris, Anna Akhirnya Jatuh Cinta Pada IT

Baca: Katherine Oendoen Kunker Spesifik Komisi VII ke Toba Samosir

"Kalo yang muda suka godain, kalo yang lebih tua tetap godain juga sih, tapi lebih sopan," katanya.

Namun Anna mengaku santai, semua itu jadikan bahan candaan agar suasana kelas jadi lebih hidup.

"Kan mereka godainnya nggak terlalu yang gimana, paling minta nomor HP atau tanya udah nikah apa belum," kata Anna.

Ia melanjutkan, "Nanggapinya gak usah marah-marah, balik dibercandain aja, ada saatnya kita bercanda biar otak mereka refresh, kalau di kelas harus ada intermezo," kata dosen di AMIK BSI Pontianak itu.

Kadang juga menurutnya ada beberapa mahasiswa yang agak ngeselin, karena nggak ngerjain tugas dan ada juga beberapa yang kurang suka dengan caranya di kelas, baginya semua itu hal biasa.

"Anna suka mahasiswa yang rajin, kalau ada tugas ngerjain, kalo yang nggak manut apalagi jarang masuk itu yang buat kesal," katanya bercerita.

Khusus untuk mahasiswa yang seperti itu, biasa Anna akan memberi semacam gambaran atau motivasi kepada yang bersangkutan.

Biasanya motivasi tersebut ia sampaikan pada saat akan memulai kuliah di kelas, karena bagi Anna dosen itu mestinya nggak hanya ngajar, tapi juga membimbing mahasiswa.

"Kasi gambaran bahwa mereka harus tahu tujuan jadi mahasiswa, yang penting tahu tugasnya apa, tanggungjawabnya apa. Toh kalo lulus atau tidak konsekuensinya mereka tanggung sendiri," katanya.

Tidak jarang juga ketika ditegur atau diberi motivasi agar kuliah yang benar, mahasiswa malah curhat kepadanya.

Pada kasus seperti itu, maka Anna juga memberi arahan dan dari kampus juga terkadang melakukan evaluasi.

"Jadi kita harus bimbing, kalo ada yang jarang masuk, ajak ngobrol, apa alasan gak masuk, kita harus lakukan pendekatan ke mahasiswa," kata Dosen yang mengajar tentang pemrograman itu.

Penulis: Bella
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved