Peneliti Taiwan Puji Budaya dan Kerukunan Singkawang

Maka dari itulah mereka datang untuk melihat langsung dan melakukan penelitian terhadap kerukunan umat beragama di Singkawang.

Peneliti Taiwan Puji Budaya dan Kerukunan Singkawang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Profesor Syuan Yuan Chiou bersama 8 rombongan warga negara Taiwan berfoto bersama saat berkunjung ke Kota Singkawang. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Profesor Syuan Yuan Chiou bersama 8 rombongan warga negara Taiwan melakukan penelitian budaya dan agama di Kota Singkawang selama 10 hari.

Peneliti dan profesor dari negara Taiwan sangat memuji kekayaan dan kerukunan umat beragama di Kota Singkawang.  

Baca: Komunitas Semua Bisa Sarapan Ramaikan CFD di Singkawang

Baca: Cegah Pelanggaran, Propam Polres Singkawang Periksa Seluruh Personel

 "Menurut Profesor Syuan Yuan Chiou dari National Chengchi University, bahwa kerukunan umat beragama dan berbudaya di Singkawang merupakan salah satu yang terbaik di dunia," kata Sekretaris Jenderal Forum Komunikasi Pemuda Lintas Agama (FKPELA) Singkawang, William Soemokil, Kamis (23/8/2018).

Mereka telah berkunjung di beragam tempat khususnya di Indonesia, namun di Singkawang ini menurutnya sangat unik dan rukun hidup berdampingan.

Mereka ingin sekali menyaksikan kegiatan salat Idul Adha dan proses pemotongan hewan kurban di Kota Singkawang

 "Saya berusaha menghubungi pihak panitia kurban dan pengurus Masjid Raya dan Masjid Agung bersama FKPELA dan FKUB Singkawang menyambut baik niat baik mereka untuk menyaksikan ibadah hari raya besar umat Islam tersebut," tuturnya.

Alhasil, niat baik untuk kunjungan mereka ini disambut hangat oleh pihak pengurus masjid yang mempersilahkan bahkan menyambut gembira dengan kedatangan rombongan.

Kemudian, di Sekretariat Masjid Raya Singkawang mereka belajar tentang sejarah masuknya Islam di Singkawang serta sejarah berdirinya Masjid Raya. 

Begitu pula setibanya rombongan di Masjid Agung Singkawang. Mereka ikut meliput kegiatan salat Idul Adha yang disambut oleh para imam dan kemudian setelah salat berakhir mereka mengikuti proses pemotongan hewan kurban di Masjid Agung.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved