Keluarga Pasien Keluh Tak Ada Ruangan Tunggu, Ini Penjelasan Rumah Sakit

"Karena kamar operasi kami kemarin itu dirobohkan karena struktur pondasi sudah tidak bagus sehingga perlu direhab ulang," ujarnya.

Keluarga Pasien Keluh Tak Ada Ruangan Tunggu, Ini Penjelasan Rumah Sakit
Net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Sejumlah keluarga pasien di ruangan Intensive Care Unit (ICU) RSUD Achmad Diponegoro Putussibau mengeluh pihak rumah sakit tidak ada menyiapkan ruang tunggu bagi keluarga pasien.

Seorang Keluarga Pasien, Iskandar menyatakan kalau ia bersama keluarganya berada diluar ruangan ICU, untuk menunggu kepulihan orang tuanya.

"Sengsara berada dirumah sakit ini, karena harus tidur dilorong ruangan, karena terpaksa tak ada tempat," ujarnya kepada wartawan, Kamis (23/8/2018).

Baca: The Darkest Mind Upaya Melarikan Diri Sekelompok Remaja Yang Punya Kekuatan Super 

Baca: Api Kecil Bisa Berdampak Besar, Kapolda: Warga Harus Saling Bantu Memadamkannya

Iskandar menuturkan, selama empat hari tidur dilorong-lorong rumah sakit tersebut, dirinya mulai tidak enak badan karena selama tidur dirumah sakit, mereka merasa kedinginan dan nyamuk pun sangat banyak menggigit mereka.

"Belum lagi kalau kami mau mandi, disini susah sekali. Terpaksa numpang tempat keluarga lainnya, karena mau pulang kerumah mustahil," ucapnya.

Diharapkan, agar pihak rumah sakit memperbaiki pelayanannya, terutama diruangan ICU ini, paling tidak pihak rumah sakit bisa menyiapkan tempat yang layak bagi keluarga pasien yang menunggu.

"Paling tidak rumah sakit mencarikan sementara tempat yang kosong untuk keluarga pasien yang menunggu. Kalau begini terus, yang sehat juga akan ikut sakit," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris RSUD Ahmad Diponegoro Putussibau Zainudin menyatakan, untuk sementara ruangan ICU memang ditempatkan diaula rumah sakit.

Sementara ruangan ICU yang sebenarnya itu tengah disulap sementara untuk dijadikan sebagai kamar operasi.

"Karena kamar operasi kami kemarin itu dirobohkan karena struktur pondasi sudah tidak bagus sehingga perlu direhab ulang," ujarnya.

Jika gedung operasi ini selesai, maka gedung lain akan dikembalikan fungsinya seperti semula. "Jadi ruangan ICU itu sebenarnya sudah ada ruang tunggu, inikan hanya sementara," ucapnya.

Ia juga mengakui jika keluarga pasien yang menunggu diruangan ICU, untuk sementara ada yang tidur dilorong-lorong, hingga kedinginan bahkan menjadi santapan nyamuk jika malam hari.

"Standarnya diruangan ICU itu hanya satu orang yang menjaga pasien. Namun kebiasaan orang kita ini, memang terkadang banyak membawa keluarga lainnya, sehingga mereka pun terpaksa tidur dilorong rumah sakit," ungkapnya. 

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved