Citizen Reporter

Prihatin Asap, Gampang Berbagai Masker di Ketapang

Koordinator Gampang, Sapwan Noor saat ditemui disela-sela kegiatan mengatakan Gerakan ini adalah bentuk kepedulian dan responsif kami

Prihatin Asap, Gampang Berbagai Masker di Ketapang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Komunitas Gampang saat membagikan masker kepada masyarakat ketapang (21/08/2018). I 

Citizen Reporter
Masyarakat
Supardiansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Buruknya kualitas udara di karenakan banyaknya titik api akibat karhutla menjadi perhatian serius dan harus secara bersama ditangulangi oleh semua pihak. Khususnya di Kabupaten Ketapang terdapat 111 titik api yang terus diupayakan oleh petugas untuk dipadamkan.

Merespon kondisi tersebut, Komunitas Garda Muda Pembaharuan Ketapang (Gampang) membagikan secara gratis masker kepada masyarakat ketapang. (21/08/2018).

Baca: Pengamat Untan Nilai Perlu Dibentuknya Pansus Karhutla oleh DPRD Kalbar

Baca: Tendang Pengendara Wanita Hingga Terjatuh, Pelaku Kejahatan Jalanan di Sukadana Jadi Incaran Polisi

Gerakan tersebut sebagai wujud kepedulian akan situasi dan kondisi yang terjadi, serta sebagai upaya turut serta membantu pemerintah ketapang dalam meminimalisir kemungkinan terjadinya korban akibat udara yang tidak sehat.

Koordinator Gampang, Sapwan Noor saat ditemui disela-sela kegiatan mengatakan Gerakan ini adalah bentuk kepedulian dan responsif kami sebagai bagian dari masyarakat ketapang untuk saling membantu akibat adanya kabut asap.

Walau tidak dapat membantu secara lansung dalam pemadaman titik api yang ada diketapang, pembagian masker ini juga bentuk upaya kami untuk ikut andil membantu pemda ketapang dalam memberikan keamanan dan kenyamanan bagi kesehatan masyarakat ketapang saat beraktifitas.

"Ya, paling tidak ini bentuk kepedulian yang nyata yang bisa kami lakukan saat ini, sebab kesehatan itu penting untuk dijaga apa lagi dengan kondisi udara yang tidak sehat saat ini, tentu akan memberikan dampak yang buruk bagi masyarakat bila tidak dicegah", jelas Sapwan.

Dengan dimulainya gerakan pembagian masker ini, komunitas gampang berharap bahwa ada lagi pihak-pihak lain yang juga ikut melaksanakan pembagian masker secara gratis untuk masyarakat secara luas yang tidak hanya di Ketapang tapi diseluruh wilayah Kalbar.

Ia berharap gerakan pembagian masker ini bisa dilaksanakan juga oleh pihak lain untuk saling membantu, dan saling menjaga terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan karena tidak sehatnya udara saat ini.

"Semoga ada terus dan bisa dilaksanakan di tiap daerah yang ada dikalbar, kami siap membantu dan bekerjasama dalam pendistribusian masker untuk masyarakat", jelasnya.

Untuk diketahui, Kalimantan Barat juga merupakan sebagai salah satu lumbung penyumbang udara segar di indonesia dan dunia.

"Hutan Kalbar Merupakan Salah satu Paru-paru dunia, sehingga menjadi kewajiban kita sebagai masyarakat Kalbar untuk menjaga kelestariannya, dengan tidak membakar hutan dan Lahan. Dan kita meminta aparat dan pemerintah menindak tegas bagi siapapun yang terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan" tutup Sapwan.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved