Idul Adha

Pesan Khatib Salat Idul Adha 1439 H di Masjid Raya Mujahidin

Ribuan umat Islam khusyuk menunaikan salat Idul Adha 1439 Hijriyah atau 2018 Masehi di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Rabu (22/8/2018).

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO
Suasana umat Islam berkumpul sebelum tunaikan salat Idul Adha 1439 Hijriyah di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Rabu (22/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Ribuan umat Islam khusyuk menunaikan salat Idul Adha 1439 Hijriyah atau 2018 Masehi di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Rabu (22/8/2018).

Tak hanya di lantai atas utama dan bawah, halaman masjid juga dipenuhi saf-saf baik pria dan wanita ragam usia dan profesi.

Salat dua rakaat berhukum sunah muakkad yang diperingati setiap 10 Dzulhijjah ini kian khidmat dengan lantunan merdu Surah Ar-Rahman oleh Imam Masjid Raya Mujahidin Pontianak yakni Ustaz H Nasution pada rakaat pertama dan kedua.

Dalam khutbahnya, Khatib Ustaz H Teuku Abdurrahman Umar mengimbau kepada umat muslimin dan muslimat untuk tidak angkuh karena diciptakan berasal dari setetes air mani yang hina.

Umat Islam harus terus bersyukur dan mengingat karunia Allah SWT yang begitu besar dalam kehidupan.

“Kasih sayang Allah SWT membuat hidup manusia menjadi mulia. Allah telah limpahkan dan curahkan berbagai nikmat dan bermacam pelayanan buat kita,” ungkapnya di atas mimbar.

Ustaz asal Aceh ini menambahkan banyak anugerah dan rahmat yang diterima oleh bangsa Indonesia di bulan Agustus 2018 diantaranya peringatan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-73.

“Nikmat yang patut disyukuri adalah merdeka bebas dari penjajahan. Merdeka bukan berarti kita bisa berbuat apa saja sehingga melanggar larangan Allah. Tapi, merdeka adalah bebas dari belenggu penjajahan lahiriah dan batiniah. Bebas dari belenggu hawa nafsu dan godaan syaiton,” terangnya.

Merdeka juga bukan berarti bebas melakukan perbuatan maksiat. Jika rakyat dan pemimpin yang telah merdeka namun masih melakukan kejahatan, maka menurut dia ini sama tak ubahnya masih terjajah.

Halaman
123
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved