Asap Bikin Libur Sekolah, Hati-hati Terjebak Aktivitas Tak Produktif

Bila tak disikapi dengan baik, libur yang 'tidak direncanakan' ini ternyata bisa berdampak kurang baik loh. Terutama bagi kamu para pelajar

Asap Bikin Libur Sekolah, Hati-hati Terjebak Aktivitas Tak Produktif
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISHAK
Founder Komunitas Pembelajar Psikologi Pontianak, Ridho Hudayana. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Serbuat kabut asap yang mendera berbagai di wilayah Kalbar berdampak luar luas, termasuk ke dunia pendidikan. Seperti di Pontianak misalnya,  di mana aktivitas mengajar bahkan sampai diliburkan.

Bila tak disikapi dengan baik, libur yang 'tidak direncanakan' ini ternyata bisa berdampak kurang baik loh. Terutama bagi kamu para pelajar.

Baca: Indahnya Keberagaman di Sintang, Wabup Askiman Ikut Berkurban Tiga Ekor Kambing

Baca: Sempat Buron, 2 Tersangka Pencurian di Terentang Diciduk di Pontianak

"Liburan yang seperti saat ini, yang tidak terencana, biasanya menjadikan siswa lebih pasif," ungkap Founder Komunitas Pembelajar Psikologi Pontianak, Ridho Hudayana, Rabu (22/08/2018).

Hal tersebut, katanya alumnus Psikologi UIN Malang itu, dapat terlihat dari kondisi di mana pelajar tersebut bermalas-malasan di rumah dengn gadget. Atau bermain dengan temannya yang tak jarang tidak terkontrol oleh orangtua.

"Kondisi ini bisa jadi cenderung pada hal yang negatif. Seperti kurang bersosialisasi karena sibuk dengan gadget, atau terlalu banyak bermain yang kurang terkontrol bersama temannya dan lupa belajarnya," sambungnya.

Kondisi ini jelas berbeda dengan libur yang terencana. Sesuai kalender akademik.

"Ketika libur (yang sesuai kalender akademik), siswa itu biasanya memang sudah ada jadwalnya.  Ada orang tua yang biasanya sudah menyusun program liburan,  meskipun pada beberapa orang ada yang tidak," katanya lagi. 

Penulis: Ishak
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved