Idul Adha

Idul Adha di Arab Saudi Berbeda dengan Indonesia, Menteri Agama Sampaikan Penegasan

Idul Adha di Arab Saudi Berbeda dengan Indonesia, Menteri Agama Sampaikan Pesan ....................

Idul Adha di Arab Saudi Berbeda dengan Indonesia, Menteri Agama Sampaikan Penegasan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Ramah tamah bersama Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin saat mengunjungi Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Kalimantan Barat, Jalan Sutan Syahrir, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (31/7/2018) pukul 09.00 WIB. Kedatangan Menag RI sekaligus meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kanwil Kemenag Provinsi Kalbar. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pemerintah sudah menetapkan Idul Adha jatuh pada Rabu, 22 Agustus 2018.

Penetapan itu telah disampaikan Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin mewakili Menteri Agama usai sidang Itsbat penetapan awal Zulhijjah di Jakarta, Sabtu (11/08/2018).

Sidang Itsbat yang dihadiri oleh sejumlah pimpinan ormas Islam, MUI dan sejumlah perwakilan negara sahabat menyatakan, sesuai laporan, posisi hilal di seluruh Indonesia masih berada di bawah ufuk.

"Petugas rukyatul hilal sampai sidang Itsbat ini berlangsung, tidak satupun di antara mereka menyaksikan hilal," ujar Muhammadiyah Amin 

"Dari segi hisab dan rukyatul hilal, maka sebagaimana yang dipedomani berdasarkan Fatwa MUI Nomor 2 tahun 2004 tentang penentuan awal Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah. Bulan Zulqa'idah 1439 Hijriyah kita sempurnakan, dengan cara istikmal atau digenapkan menjadi 30 hari. Dengan demikian tanggal 1 Zulhijjah jatuh pada hari Senin 13 Agustus 2018, dan tanggal 10 Zulhijjah 1439 H jatuh pada Rabu 22 Agustus 2018," kata Dirjen.

Baca: Live SCTV Vidio.com dan Prediksi Indonesia Vs Hongkong Sepakbola Asian Games 2018

Baca: MUI Kalbar: Vaksin MR Positif Mengandung Babi dan Human Deploit Cell

"Mudah-mudahan keputusan ini membawa berkah bagi kita semua. Atas nama pemerintah, kami menyampaikan selamat menempuh bulan Zulhijjah dan Idul Adha 1439 Hijriah," ujar Muhammadiyah Amin.

Penetapan Idul Adha sama dengan yang ditetapkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam maklumatnya.

Hari raya Idul Adha di Indonesia berbeda dengan di Arab Saudi.

Mahkamah Ulya Arab Saudi mengumumkan bahwa hari Ahad (12/08) kemarin merupakan tanggal 1 Dzulhijjah 1439 H.

Seperti dilansir Kemenag, dengan penetapan ini maka di Saudi, Hari Arafah tanggal 9 Dzulhijjah akan bertepatan dengan hari Senin (20/08) dan Hari Raya Idul Adha pada hari Selasa (21/08).

Halaman
12
Penulis: Nasaruddin
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved