Asap Tebal Mulai Ganggu Penerbangan di Bandara Supadio

Akibat dari rendahnya jarak pandang di bandara maka ada beberapa penerbangan yang menuju Supadio terganggu.

Asap Tebal Mulai Ganggu Penerbangan di Bandara Supadio
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Kabut asap pekat membuat pandangan terbatas mengganggu transportasi air di Sungai Kapuas, Pontianak, Kalbar, Senin (20/8/2018) sekira pukul 06.00 WIB. Pemerintah Kota Pontianak meliburkan seluruh aktivitas belajar mengajar di seluruh sekolah. 

Laporan Wartawan Tribunpontianak , Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Asap yang menyelimuti Kalimatan Barat khususnya di kota Pontianak dan Kubu Raya telah menggangu penerbangan dari dan ke Kalimantan barat melalui bandara Supadio, Senin (20/8). Menurut GM bandara internasional Supadio, Jon Mukhtar Rita, jarak pandang di bandara sempat berada dibawah batas minimum untuk penerbangan.

"Memang tadi pagi bandara beroperasi jam 6.15 terkendala asap, jarak pandangnya secara visual dibawah 800 meter kemudian menjadi sekitar 500 malah sampai 300 meter. tapi sekitar pukul 07.58 WIB kembali meningakya menjadi diatas 800 Meter," ujarnya, Senin (20/8) sore.

Baca: Kualitas Udara di Mempawah Memburuk, Aktivitas Belajar Mengajar di Hentikan Hingga 23 Agustus

Baca: Semua Bisa Diteliti, Biologi Jadi Ilmu Menarik Bagi Lisa

Akibat dari rendahnya jarak pandang di bandara maka ada beberapa penerbangan yang menuju Supadio terganggu. Tentunya pesaawat yang jadwal fligt nya diantara jam tersebut diakuinya juga terganggu.

"Akibat minimnya jarak pandang sehingga 5 fligh yang datang tertunda dan 3 yang mau berangkat tertunda. Namun setelah pukul 08.00 WIB penerbangan kembali lancar," ungkapnya.

Asap yang menyelimuti wilayah Pontianak dan Kubu Raya memang telah terjadi beberapa hari, namun diakuinya paling parah pada hari ini.

Baca: Garuda Delay Tiga Penerbangan Hari Ini

"Memang beberapa hari ini sudah diselimuti asap namun yang sampai menggangu karena jarak pandang baru hari ini," tuturnya.

Kendati ada beberapa penerbangan yang mengalami penundaan diakuinya tidak terlalu menggangu operasional di terminal penumpang.

"Sesuai dengan kapasitas terminal kami, adanya delay beberapa penerbangan tadi pagi tidak terlalu menggangu operasional di terminal," tutupnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved