Tahan Oknum BPN Tersangka Penipuan, Kasat Reskrim Polres Sambas Beberkan Kronologinya

Namun seiring berjalannya waktu srtifikat tersebut tidak kunjung terbit, karena alasan hak dan letak objek tanah tidak sesuai.

Tahan Oknum BPN Tersangka Penipuan, Kasat Reskrim Polres Sambas Beberkan Kronologinya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Tersangka IL saat menjalani pemeriksaan di Sat Reskrim Polres Sambas,Rabu (15/8/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS,- Kapolres Sambas melalui Kasat Reskrim AKP Raden Real Mahendra telah mengamankan salah seorang oknum pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sambas, yang melakukan penipuan, Rabu (15/08/2018).

Ia menjelaskan, hal itu berawal dari proses penyidikan berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP / 203 / RES.1.11. / VII / 2018 / Kalbar / SPKT / Res SBS, tanggal 15 Juli 2018. Tentang dugaan tindak pidana penipuan sebagaimana dimaksud pasal 378 KUHP.

Baca: Oknum Pegawai BPN Sambas Terganjal Kasus Penipuan Hingga Pengguna Narkoba

Baca: Kejari Sambas Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Umum

Dengan terduga atau terlapor saudara IL.

Selanjutnya berdasarkan surat perintah nomor : Sp.kap / 75 / VIII / 2018 / Reskrim, tanggal 10 Agustus 2018 dilakukan penangkapan terhadap IL yang pada saat itu sedang berada di Kantornya (BPN) Sambas.

Sebelumnya, Sekira tahun 2013 lalu pelapor tersangka IL mengajukan permohonan penerbitan sertifikat (prona) ke BPN Sambas melalui Kades Sei Sapak Pilih Pardjianto.

Namun seiring berjalannya waktu srtifikat tersebut tidak kunjung terbit, karena alasan hak dan letak objek tanah tidak sesuai.

Dari informasi yang di himpun pelapor akan mengajukan pinjaman ke sebuah bank dengan menggunakan jaminan satu buah sertifikat.

Namun sertifikat yang ada untuk dijaminkan tidak cukup dan harus ditambah dengan satu sertifikat lagi sehingga pelapor akan melanjutkan pembuatan sertifikat yang sebelumnya gagal dibuat.

Oleh karenanya, pada suatu hari Selasa di 18 April 2017 lalu.

Halaman
12
Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved