Daftarkan Karyawannya ke BPJS Ketenagakerjaan, Warkop Aming Diganjar Penghargaan dari Wapres

Ady mengatakan dari 30 pegawai yang ada, Sekitar 24 karyawan, Warkop Aming telah didaftarkan karyawan tetapnya tersebut ke BPJS Ketenagakerjaan

Daftarkan Karyawannya ke BPJS Ketenagakerjaan, Warkop Aming Diganjar Penghargaan dari Wapres
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Warung Kopi Aming diganjar penghargaan Paritrana Award sebagai penghargaan kepada usaha kecil dan mikro yang aktif mengikutsertakan pekerjanya dalam program jaminan terkait BPJS Ketenagakerjaan. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK-  Warung Kopi Aming diganjar penghargaan Paritrana Award sebagai penghargaan kepada usaha kecil dan mikro yang aktif mengikutsertakan pekerjanya dalam program jaminan terkait BPJS Ketenagakerjaan.

"Penghargaan ini digagas Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mulai tahun 2017," ungkap Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Pontianak Adi Hendrata

Baca: Tunggakan BPJS Mandiri di Kapuas Hulu Sebesar Rp 5 Miliar

Baca: Kepala BPJS Sambas Apresiasi Pemkab Sambas Dukung Program JKN

penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (31/7/2018) kemarin termasuk piagam penghargaan dan Warkop Aming Coffee juga mendapat uang pembinaan senilai Rp30 juta.

Ady mengatakan dari 30 pegawai yang ada, Sekitar 24 karyawan, Warkop Aming telah didaftarkan karyawan tetapnya tersebut ke BPJS Ketenagakerjaan dengan harapan para karyawan mendapatkan manfaat dimasa pensiun mereka karena telah mengabdi di Warkop Aming selama bekerja di Warkop Aming.

"Penghargaan ini sebagai wujud apresiasi atas kepedulian usaha kecil dan mikro dalam mematuhi amanah undang-undang pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan," ujarnya.

Ia mengatakab terdapat tiga usaha mikro yang berkesempatan mendapatkan penghargaan ini. Setelah dilakukan penilaian, Aming Coffee dianggap layak mendapatkannya. Pemenang ini dinilai berdasarkan coverage kepesertaan, aspek regulasi, dan inisiatif terbaik.

“Kami berharap ini menjadi contoh bahwa wajib mengikutsertakan pekerjanya dalam program jaminan sosial, meskipun itu usaha kecil dan mikro,” ujarnya.

BPJS terus mendorong agar usaha kecil dan mikro agar mengikutsertakan pekerjanya dalam kepesertaan jaminan sosial. Keikutsertaan itu tidak memandang skala dan jenis usaha. Meskipun itu usaha kecil pekerja rentan terkena resiko.

"Oleh karena itu perlindungan sosial wajib diberikan meskipun itu usaha kecil maupun mikro. Dan beban iuran pun tidak besar," ujarnya.

Ia memaparkan Untuk usaha mikro misalnya premi yang dibayarkan 6,24 persen dari upah yang dibayarkan.

Salah satu owner Warkop Aming, Gunawan mengakui selama ini para pekerja merasakan manfaat ketika sudah terdaftar sebagai pekerja. Jaminan hari tua misalnya. Jaminan itu bermanfaat ketika pekerja memutuskan berhenti bekerja.

“Kami tidak tahu kapan mereka akan berhenti. Ketika mereka memutuskan berhenti ada perlindungan bagi mereka melalui program ini,” ujarnya. 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved