Hairiah : Pemkab Sambas Serius Perangi  Human Trafficking

Hairiah SH MH, membeberkan beberapa langkah nyata Pemerintah Kab Sambas menangani masalah tersebut.

Hairiah : Pemkab Sambas Serius Perangi  Human Trafficking
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ M WAWAN GUNAWAN
Wakil Bupati Sambas Hairiah Saat Memberikan Sambutan di Hadapan Peserta Kampanye Three Ends, di Istana Alwatzikoebillah Sambas, Jum'at (10/08/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS,- Wakil Bupati Sambas Hairiah mengatakan saat ini pemerintah Kabupaten Sambas betul-betul serius untuk memerangi dan menanggulangi kasus Human Trafficking di Kabupaten Sambas, Senin (13/08/2018).

Menurutnya, untuk mencegah hal tersebut pihaknya telah melakukan beberapa upaya dan komitmen untuk memberikan pemenuhan hak-hak pada masyarakat.

Baca: Simak Pemaparan Kasat Reskrim Polres Sambas Terkait Pengungkapan Kasus Perdagangan Orang

Baca: Polres Sambas Ungkap Empat Kasus Perdagangan Orang Selama 2018

Termasuk didalalmya adalah hak masyarakat untuk bebas dari berbagai bentuk kekerasan dan memberikan pelayanan bagi masyarakat yang menjadi korban perdagangan orang.

Hairiah SH MH, membeberkan beberapa langkah nyata Pemerintah Kab Sambas menangani masalah tersebut.

Diantaranya yakni dengan penerbitan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2015 tentang pencegahan dan penanganan korban perdagangan orang.

“Tahun 2016, Pemkab juga telah membentuk tim gugus trafficking yang diatur dalam peraturan bupati sambas nomor 8 tahun 2016,” ujarnya, dihalaman Istana Alwatzikoebillah Sambas, Jumat (10/8).

Keseriusan lainnya menurut Hairiah adalah upaya Pemkab mengambil langkah membentuk pelayanan terpadu.

Pembentukan pelayanan terpadu tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 243/DP3AP2KB/2017. Tentang pembentukan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau (P2TP2A).

“Kabupaten Sambas sebagai daerah yang cukup besar mengirim tenaga kerja keluar negeri. Karenanya kita juga membentuk pelayanan satu pintu untuk pemberangkatan tenaga kerja yang baru diresmikan tanggal 23 Nopember 2017 lalu,” paparnya.

Halaman
12
Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved