Masih Ada Pejabat Publik Tidak Mau Dikonfirmasi Media, Ini Kata Komisi Informasi Kalbar

Bahkan, tidak jarang pejabat berwenang saat dimintai keterangan memilih bungkam atau penolakan.

Masih Ada Pejabat Publik Tidak Mau Dikonfirmasi Media, Ini Kata Komisi Informasi Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Ketua Komisi Informasi Kalbar, Rospita Vici Paulyn 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Keterbukaan informasi masih jadi tantangan yang harus dibenahi oleh para pemangku kepentingan, khususnya di instansi pemerintahan.

Hingga kini, masih dijumpai kesulitan yang dialami jurnalis-jurnalis dalam upaya mendapatkan informasi terkait isu-isu berkembang melalui konfirmasi ke narasumber.

Bahkan, tidak jarang pejabat berwenang saat dimintai keterangan memilih bungkam atau penolakan.

Padahal, hal ini merupakan bagian dari proses jurnalistik sebelum informasi itu dikemas dalam bentuk berita bagi kepentingan masyarakat luas.

Baca: Jabat Ketua IOF Kalbar, Ini Langkah Awal Tasdik

Menanggapi kondisi itu, Ketua Komisi Informasi (KI) Kalimantan Barat Rospita Vici Paulyn menegaskan sudah selayaknya pejabat-pejabat berwenang suatu instansi atai badan publik melayani konfirmasi yang dilakukan oleh para jurnalis media baik cetak maupun elektronik. Hal ini sebagai komitmen keterbukaan informasi publik.

“Dari sudut pandang Komisi Informasi, informasi yang dibutuhkan oleh jurnalis masuk kategori informasi yang serta-merta jika menyangkut kepentingan umum,” ungkapnya belum lama ini.

Komisi Informasi, kata Rospita, telah menawarkan media-media massa untuk lakukan uji publik ketika dijumpai pejabat-pejabat badan publik yang tidak memberikan informasi yang wajib diketahui oleh masyarakat. Rospita meminta media massa mengadukan kondisi itu ke pihaknya saat itu juga.

“Karena kondisi seperti itu bisa disengketakan. Masuk kategori informasi serta-merta,” terangnya.

Ia tidak menampik terkadang media massa masih khawatir terhadap pengaduan yang dilayangkan. Media massa takut hubungan dengan narasumber menjadi renggang.  

Halaman
12
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved