Kadiskominfo Kalbar Beberkan Sebab Pejabat Publik Tidak Bisa Beri Keterangan Langsung Ke Media

“Misalnya punya banyak kesibukan. Bukan berarti saya membela diri ya,” ungkapnya, Minggu (12/8/2018).

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Barat Anthony Sebastian Runtu saat konferensi pers di IO Cafe, Jalan M Sohor, Kota Pontianak, Kamis (9/8/2018) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Barat Anthony Sebastian Runtu mengatakan terkadang ada beberapa faktor yang menyebabkan pejabat badan publik tidak bisa berikan keterangan secara langsung kepada jurnalis media massa.

“Misalnya punya banyak kesibukan. Bukan berarti saya membela diri ya,” ungkapnya, Minggu (12/8/2018).

Untuk informasi bersifat sensitif, ia tidak menampik bukan perkara mudah memberikan keterangan resmi di media massa. Pasalnya, kalimat yang disampaikan harus terjaga dan tertata rapi agar tidak bermakna bias bagi masyarakat.

Baca: Warga Landak Bisa Bikin Surat Domisili di Pontianak, Ini Caranya

“Karena orang sering kali melihat dengan persepsi yang sangat subjektif bukan objektif,” katanya.

Ia menegaskan khusus di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Diskominfo Kalbar, dirinya mempunyai juru bicara. Fungsi juru bicara itu untuk memberikan infromasi bagi para jurnalis ketika dirinya tidak berada di tempat.

“Saya tegaskan kepada seluruh staf saya di kantor bahwa semua urusan harus tahu. Kalau tidak tahu jangan kerja di dinas saya. Apa gunanya kerja kalau tak tahu,” tegasnya.

Anthony menimpali sebagai komitmen menjunjung keterbukaan informasi, pihaknya telah siapkan ruang Media Center bagi para jurnalis di Kantor Diskominfo Kalbar.

“Hanya saja Media Center belum direspon baik oleh rekan-rekan jurnalis. Ke depan, kita harus mengajak semua badan publik untuk terbuka. Sudah tidak ada lagi yang harus ditutupi zaman sekarang. Sumber berita dimana-mana orang bisa tahu,” tandasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved