Hujan Es di Amerika, 14 Orang Terluka Ratusan Mobil Hancur

Sungguh gila. Saat kami berada di kebun binatang, rasanya seperti ada tornado menghampiri kami,

Hujan Es di Amerika, 14 Orang Terluka Ratusan Mobil Hancur
NET
Ilustrasi hujan es 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, DENVER  - Sebanyak 14 orang terluka, dua hewan di kebun binatang mati dan ratusan mobil hancur terkena hujan es di sebagian wilayah negara bagian Colorado, AS , Senin (6/8/2018).

Hujan es yang menghasilkan butiran-butiran es sebesar bola bisbol memicu evakuasi hewan-hewan di kebun binatang Chayenne Mountain di Colorado Springs.

Setelah badai dan hujan es berlalu, kebun binatang yang hingga Selasa (7/8/2018) masih tutup karena sejumlah kerusakan, memperkirakan 400 kendaraan yang parkir di tempat itu mengalami kerusakan.

Baca: Waspada, Air Zamzam Palsu Beredar di Indonesia

Selain itu, dua ekor burung koleksi kebun binatang mati karena faktor trauma.

"Salah satu yang mati adalah Daisy seekor bebek muscovy berusia empat tahun. Satu lagi adalah Motswari, seekor burung pemakan bangkai berusia 13 tahun," demikian pernyataan manajemen kebun binatang lewat akun Facebook-nya.

Sebuah rekaman video yang direkam saat hujan es terjadi memperlihatkan dua ekor beruang yang berusaha berlindung dari guyuran es yang menghujani kandang terbuka mereka.

Sementara itu, kepolisian Colorado Springs mengabarkan, lima orang dievakuasi dari kebun binatang itu dan dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka-luka. Sembilan orang lainnya dirawat di lokasi karena mengalami luka ringan dan sudah diizinkan pulang.

Baca: Wajah Bocah 6 Tahun Kejang-kejang Usai Main Game 9 Jam Non Stop Setiap Hari

"Sungguh gila. Saat kami berada di kebun binatang, rasanya seperti ada tornado menghampiri kami," kata Danielle Fills (47) yang mengunjungi kebun binatang bersama suaminya kepada harian The Colorado Springs Gazette.

Danielle menambahkan, mobil miliknya rusak parah dan kaki mereka terkena pecahan kaca yang hancur diterjang butiran es.

"Beberapa pohon tumbang, seluruh permukaan jalan dipenuhi puing dan hewan-hewan ramai bersuara ketakutan," tambah dia.

Brandon Sneide, anggota Garda Nasional Colorado yang pernah bertugas ke Irak dan Afghanistan, mengatakan bahwa dia melihat seorang pengunjung kebun binatang berlumuran darah.

"Sungguh traumatik. Suaranya seperti di medan perang, saya seperti kembali ke Irak. Amat menakutkan," ujar Brandon.

Hujan es sebenarnya bukan hal yang aneh di wilayah ini terutama di musim panas. Demikian menurut para pakar cuaca. Baca juga: Hujan Es Disertai Angin Kencang Landa Mekah "Colorado sudah sering mengalami hujan es tetapi kali ini sedikit lebih besar dari biasanya," kata Pamela Evenson, ahli meteoroligi dari Badan Cuaca Nasional di Pueblo, Colorado.

"Colorado memiliki frekuensi hujan es tertinggi di Amerika Serikat," tambah dia. Pada Juni lalu, kawasan di sekitar Colorado Springs dan Fountain juga mengalami hujan es yang mengakibatkan kerugian tak kurang dari 169 juta dolar. Demikian perhitungan yang dibuat Asosiasi Informasi Asuransi Pegunungan Rocky.

Editor: Jamadin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved