Berada di Posisi ke-28, Indeks Tendensi Konsumen masih Dikategorikan Baik

Pada triwulan II-2018 semua konsumen di semua provinsi di Indonesia optimis, terlihat dari nilai indeks konsumsi konsumen berada diatas 100.

Berada di Posisi ke-28, Indeks Tendensi Konsumen masih Dikategorikan Baik
net
Logo BPS

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan secara umum konsumen merasakan peningkatan kondisi ekonomi dan merasa optimistis pada kuartal II-2018. Ini ditunjukkan dengan nilai indeks tendensi konsumen (ITK) yang naik menjadi 125,43 dibandingkan kuartal sebelumnya sebesar 103,83.

Di Kalbar, ITK pada Triwulan II-2018 berada diangka 117,22 artinya kondisi ekonomi dari sisi konsumen dikategorikan baik. Ditingkat nasional kondisi ekonomi konsumen di kuartal II yang membaik didorong oleh pendapatan, tingkat inflasi yang terkendali, dan meningkatnya volume konsumsi rumah tangga.

Peningkatan kondisi ekonomi konsumen pada kuartal II-2018 di tingkat nasional didorong oleh meningkatnya kondisi ekonomi konsumen di seluruh Indonesia. Nilai ITK tertinggi terjadi di Provinsi Gorontalo dengan 133,20 dan terendah di Provinsi Sulawesi Tengah 109,80.

Sementara di Kalbar, Kepala BPS Kalbar Pitono menyampaikan perbaikan ekonomi konsumen didorong oleh pendapatan rumah tangga dengan nilai indeks 133,79, pengaruh inflasi terhadap konsumsi dengan nilai indeks 103,18 dan volume konsumsi barang
dan jasa dengan nilai indeks 117,42.

Nilai indeks (ITK) Kalbar sendiri berada di posisi terakhir (ke-4) diantara provinsi di Kalimantan dan berada diurutan ke-28 provinsi di Indonesia, ITK tertinggi terjadi di Gorontalo dengan nilai indeks 133,79.

Nilai indeks Tendensi konsumen di Kalbar triwulan III-2018 diperkirakan sebesar 107,19 artinya kondisi ekonomi
konsumen tetap baik tetapi tingkat optimisme konsumen menurun dibanding triwulan II-2018. Perkiraan baiknya ekonomi konsumen terjadi di dua provinsi di Kalimantan, yaitu Kalbar dan Kalteng.

Baca: Standar Pengelolaan Kantin Sehat 

Baca: Humas Polri Gelar Workshop Penguatan Media Sosial dan Media Online

Kondisi ekonomi konsumen pada triwulan II-2018 kata Pitono dikategorikan baik, dan tingkat optimismenya meningkat dibanding dengan triwulan sebelumnya. Baik buruknya kondisi ekonomi di tingkat nasional tidak terlepas dari peran ekonomi konsumen provinsi-provinsi di Indonesia.

Pada triwulan II-2018 semua konsumen di semua provinsi di Indonesia optimis, terlihat dari nilai indeks konsumsi konsumen berada diatas 100.

Provinsi Gorontalo merupakan provinsi yang nilai ITK nya paling tinggi dengan nilai indeks 133,20. Sedangkan yang paling rendah terjadi di Provinsi Sulawesi Tengah dengan nilai indeks 109,80.

Bila melihat antar provinsi di Kalimantan, Kalimantan Selatan merupakan provinsi yang paling optimis yang ditunjukkan dengan nilai ITK paling tinggi di Kalimantan yaitu sebesar 122,32
diikuti oleh provinsi Kalimantan Timur dengan nilai indeks 119,44, kemudian Kalimantan Tengah dengan nilai
indeks 118,11, sedangkan Kalimantan Barat berada diposisi terakhir diantara pulau di Kalimantan dengan nilai indeks 117,22.

Penulis: Maskartini
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved