Helmiyati Nilai Kader Desa Yang Paling Paham Akan Kebutuhan Desa

Kader pemberdayaan masyarakat desa adalah unsur yang paling mengetahui prakarsa, potensi, dan kebutuhan di desa

Helmiyati Nilai Kader Desa Yang Paling Paham Akan Kebutuhan Desa
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus membuka Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) se-Kabupaten Kubu Raya di Hotel Gardenia, Kubu Raya, Senin (6/8/2018) 

Laporan Wartawan Tribunpontianak : Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Kepala Pusat Latihan Masyarakat Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI, Helmiyati, mengatakan kader pemberdayaan masyarakat desa adalah unsur yang paling mengetahui prakarsa, potensi, dan kebutuhan di desa.

"Kader Yang menjadi penggerak utama jadi dengan pelatihan ini maka kader-kader ini bisa berfungsi sebagaimana yang kita butuhkan. Kader pemberdayaan masyarakat desa ini sangat dibutuhkan untuk menjadi penyeimbang daripada desa-desa dalam rangka pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa," ujarnya, Senin (6/8/2018).

Baca: Jauh Hari Tetapkan Status Siaga, Ini Upaya BPBD Kalbar Tangani Karhutla Kalbar

Menurutnya di tahap pertama pihaknya memberikan penguatan di bidang pengetahuan masyarakat desa. Adapun tahapan selanjutnya diakuinya akan ditindaklanjuti pemerintah daerah.

"Agar para kader dapat berdaya secara terus-menerus, yang paling utama dari pelatihan ini jangan sampai kader-kader ini hanya dan selalu berharap dari adanya bantuan dana. Tetapi bagaimana jiwa prakarsa mereka itu muncul sehingga bisa mengaktualisasikan dirinya dengan berupaya sendiri melakukan pemberdayaan secara berkelompok atau komunitas, karena itu inti dari gerakan ini," katanya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved