Jurdil Tak Hanya di Pemilu, Tapi Juga Dalam Keseharian

Jujur Adil (Jurdil) dan Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia (Luber) dikenal luas sebagai prinsip utama dalam pemilihan umum alias Pemilu.

 Jurdil Tak Hanya di Pemilu, Tapi Juga Dalam Keseharian
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / ISHAK
Humas OSIS SMA Mujahidin Pontianak, Rabiah Assegaf (16), Rabu (01/08/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Jujur Adil (Jurdil) dan Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia (Luber) dikenal luas sebagai prinsip utama dalam pemilihan umum alias Pemilu.

Sebagai edukasi politik, prinsip inipun diterapkan pada momentum suksesi ketua OSIS di SMA Mujahidin Pontianak.

Namun, prinsip ini sebenarnya tak hanya bermanfaat sebagai edukasi politik bagi siswa. Lebih dari itu, prinsip inipun juga bisa menjadi nilai penting yang seharusnya bisa diintegrasikan dalam setiap diri.

"Prinsip Luber Jurdil penting untuk keseharian. Jadi sebenarnya tidak hanya ketika Pemilu saja," nilai Humas OSIS SMA Mujahidin Pontianak, Rabiah Assegaf (16) Rabu (01/08/2018).

Baca: Peluang Partai Golkar Kalbar di Pileg 2019, Berikut Analisisnya Pengamat Politik Untan

Ia sendiri dalam momentum suksesi ini diamanahi sebagai panitia pemungutan suara. Mengawal berjalannya proses penyaluran suara dari masing-masing pemilih sampai tuntas.

Ia menilai, jujur dan adil adalah nilai-nilai positif. Hal itu saja sudah menjadi alasan kuat kenapa harus diinternalisasikan juga dalam setiap pribadi siswa.

"Jujur dan adil itu seharusnya sudah menjadi prinsip yang dimiliki setiap orang. Bahkan dalam sehari-harinya," pungkasnya.

Penulis: Ishak
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved